Skip to main content

FKUB Nganjuk Gelar Dialog Kebangsaan Pemuda Lintas Agama

Nganjuknews.com - Forum Kerukuran Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Nganjuk menyelenggarakan dialog kebangsaan bertema ‘meningkatkan peran pemuda dalam memperkokoh persatuan dan kesatuaan NKRI dalam bingkai kebhinekaan’.

Suara Komunitas, FKUB Kabupaten Nganjuk, FKUB Nganjuk, Kabupaten Nganjuk, Nganjuk
Caption: Organisasi kepemudaan lintas agama di Kabupaten Nganjuk berfoto bersama seusai dialog kebangsaan di Kemenag Nganjuk, Sabtu (17/10/2020). Foto: Ari Jatmiko/nganjuknews.com.

Dialog kebangsaan ini berlangsung di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Nganjuk, Sabtu (17/10/2020). Kegiatan ini diikuti kurang lebih 100 peserta dari berbagai organisasi kepemudaan lintas agama di Kabupaten Nganjuk.

Kegiatan ini dibuka sekitar pukul 08.00 WIB, dengan diawali sambutan dari Ketua FKUB Kabupaten Nganjuk, KH Solihin. Dalam sambutannya, Solihin menyebut dialog kebangsaan ini tak lain untuk ajang silaturahmi organisasi kepemudaan lintas agama.

“Tujuan dari acara ini adalah silaturahim agar para pemuda lintas agama ini ikut menjaga, agar kondisi di era pandemi dan gejolak keamanan dengan banyaknya demo yang anarkis di negara ini khususnya di Kabupaten Nganjuk tetap kondusif,” papar Solihin.

Adapun narasumber dialog kebangsaan ini di antaranya Kepala Kantor Kesatuan Bangsa, Politik, dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Nganjuk Gatut, Danramil 0810/10 Tanjunganom Kapsten Inf Kustono, dan Kasat Binmas Polres Nganjuk AKP Darwoco.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar. Peserta tampak antusias ketika diadakan dialog terkait berbagai kondisi kekinian di Nganjuk. Harapannya pemuda lintas agama ikut berperan dalam mengatasi masalah kepemudaan dan kebangsaan di Kota Angin.

Di akhir acara peserta dari pemuda lintas agama seperti GP Ansor, Pemuda Muhammadiyah, Pemuda LDII, Fatayat, IPNU, Pemuda Katolik, Pemuda Kristen, Pemuda Hindu, Pemuda Budha dan lainnya berikrar bersama untuk saling menjaga kerukunan.

Mereka juga bersepakat untuk ikut serta dalam menjaga kondisi Kabupaten Nganjuk agar tetap aman dan kondusif. (Red)

Penulis: Ari Jatmiko

Catatan: Redaksi nganjuknews.com menerima naskah berita kegiatan komunitas, organisasi kepemudaan, sosial dan kemasyarakatan yang berlangsung di Nganjuk. Lengkapi naskah yang dikirim dengan biodata diri dan foto kegiatan. 

Tulisan yang menarik akan diunggah di kanal Suara Komunitas. Isi naskah menjadi tanggung jawab penulis. Naskah bisa dikirim ke alamat email: redaksinganjuk@gmail.com

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->