Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hasil Rapid Test Antigen 2 Wisatawan Candi Borobudur Positif

KabarNasional, Magelang – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Magelang melakukan rapid tes antigen kepada wisatawan yang berkunjung ke Candi Borobudur, Sabtu (26/12/2020).

Kabar Nasional, Ubah Laku, Magelang, Covid-19, Corona, Borobudur, Rapid Test Antigen
Caption: Petugas mengambil sampel dalam proses rapid tes antigen ke wisatawan di TIC Borobudur, Sabtu (26/12/2020). Foto: Humas/Istimewa

Rapid test antigen ini berlangsung di Tourist Information Center (TIC) Borobudur. Hasilnya petugas menemukan dua wisatawan yang hasil rapid test antigen-nya positif.

“Dua calon wisatawan yang terdeteksi positif tersebut berasal dari Bogor dan Bekasi,” jelas Kepala Bidang Pelayananan Kesehatan Dinkes Kabupaten Magelang, Oktora Kunto Adi.

Wisatawan yang berkunjung ke Candi Borobudur memang diminta untuk menunjukkan surat keterangan rapid tes antigen. Adapun yang boleh lewat adalah yang hasil rapid-nya negatif.

“Bagi calon wisatawan yang (hasil rapid tes antigen-nya) dinyatakan negatif diperbolehkan melanjutkan perjalanan,” kata Kunto, panggilan akrab Oktora Kunto Adi.

Sementara wisatawan yang tidak bisa menunjukkan surat keterangan rapid tes antigen negatif, lanjut Kunto, maka yang bersangkutan diminta menjalani tes di tempat, di TIC Borobudur.

Kunto menuturkan, dua wisatawan yang hasil rapid tes antigen-nya positif tersebut langsung diminta pulang, kembali ke rumahnya masing-masing dan menjalani isolasi mandiri.

Selain itu, dua wisatawan tersebut juga diberi surat keterangan hasil rapid tes antigen yang ditujukan ke masing-masing fasilitas kesehatan untuk dilakukan pemantauan.

Dalam kegaiatan rapid tes antigen ini, kata Kunto, pihaknya menargetkan 100 calon wisatawan dalam sehari pada 26 dan 31 Desember 2020. Rapid tes antigen ini dilakukan gratis. 

Reporter: Usman H