Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ganjar Pranowo: Jangan Bosan Edukasi Masyarakat Agar Terapkan Prokes Ketat

Ganjar Pranowo, Ubah Laku, Covid-19, Prokes Covid-19

Magelang – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, meminta masyarakat agar selalu mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 dengan mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah, rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Ganjar juga meminta masyarakat untuk saling mengingatkan satu dengan lainnya akan pentingnya penerapan Prokes untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Edukasi masyarakat terus-menerus, jangan sampai bosan. Ajak tokoh agama, tokoh masyarakat, untuk menyiarkan kepada publik ora usah kelayaban sik (tidak usah pergi dulu),” kata Ganjar.

“Maskernya wajib, kalau duduk juga pakai jarak, pesta-pesta ditunda dulu, keramaian ditunda dulu, di zona merah sekolah-sekolah seko omah wae (dari rumah dulu). Pokoknya kita harus kompak, kita harus bersatu,” lanjut dia.

Hal itu disampaikan Ganjar dalam zoom meeting Gerakan Minum Jamu Jawa Tengah pada Jumat (18/6/2021). Kegiatan ini juga diikuti Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Magelang, Adi Waryanto.

Sementara itu, dalam kegiatan tersebut Ganjar menyebut gerakan minum jamu di Jawa Tengah harus dimaksimalkan lagi. Ia meminta agar para peneliti jamu bisa menjelaskan dan mengedukasi masyarakat atas manfaat jamu untuk kesehatan.

“Supaya nanti kita semua juga bisa minum jamu dalam negeri. Jamune payu, awake sehat (jamunya laku, badannya sehat). Apabila itu nanti diberikan kepada para tenaga kesehatan maupun pelayan publik maka akan sangat-sangat bermanfaat,” tuturnya.

Sekda Kabupaten Magelang, Adi Waryanto menambahkan, ada dua sisi positif dari meminum jamu. Yakni bermanfaat untuk menjaga kesehatan atau imun tubuh terutama di masa pandemi Covid-19, dan ikut membantu pertumbuhan UMKM.

“Sehingga UMKM khususnya jamu bisa senantiasa terus berjalan, berkembang, termasuk juga membantu kesejahteraan para petani. Karena bahan dasar jamu ini berasal dari empon-empon,” ujar Adi usai mengikuti zoom meeting gerakan minum jamu.

Editor: Usman H

Posting Komentar untuk "Ganjar Pranowo: Jangan Bosan Edukasi Masyarakat Agar Terapkan Prokes Ketat"