Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Image

Kapolri ke Forkopimda Klaten: Polda Jateng Siap Awasi Penegakan Prokes

Ubah Laku, Prokes Covid-19

Klaten – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengatakan dirinya telah memerintahkan seluruh jajaran di Polda Jawa Tengah (Jateng) untuk terus mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

Hal itu ditegaskan Sigit saat dirinya dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memimpin rapat pengarahan penanganan dan pengendalian Covid-19 bersama Forkopimda Klaten, Sabtu (21/8/2021) kemarin.

“Khusus untuk Klaten, saya sudah menyampaikan kepada seluruh anggota Polri di lingkungan Polda Jawa Tengah untuk dapat mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan, dan melakukan edukasi, serta penegakan aturan protokol kesehatan secara ketat,” kata Sigit.

“Kami meminta agar masyarakat memakai masker, mengikuti aturan pembatasan, dan sebagainya. Hal ini penting untuk menekan laju pertumbuhan Covid-19 agar bisa dikendalikan,” lanjut dia.

Dalam kesempatan itu, Sigit juga mengingatkan pentingnya tracing dan testing dalam penanggulangan Covid-19 di Klaten. Untuk itu, diperlukan peran aktif dan kesadaran dari masyarakat.

“Perlu kesadaran masyarakat untuk melaporkan diri jika mereka pernah berkontak langsung dengan penderita Covid-19. Ini menjadi penting untuk pelacakan,” tutur mantan Kabareskrim Polri itu.

Menurut Sigit, jika masyarakat pro aktif melapor, maka kerja Satgas akan bisa lebih maksimal. Sebab, satgas bisa segera mengambil langkah pemeriksaan ke mereka punya riwayat kontak dengan pasien Covid-19.

“Kemudian hasil tracing dan testing ini bisa dilanjutkan apakah harus dilaksanakan perawatan secara isoman atau isoter, atau bahkan perlu dirawat di rumah sakit,” sebutnya.

“Kesadaran masyarakat ini menjadi penting. Kita harapkan (peran serta masyarakat) bisa semakin mengendalikan laju Covid-19,” pungkas Sigit.

Editor: Usman Hadi