Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Marhaen Djumadi: Anjuk Ladang Adalah Tanah Kemenangan, DNA Nganjuk Pemenang!

Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi (tengah) bersama jajaran Forkopimda berjalan di Alun-alun Nganjuk, Minggu (10/4/2022)

Nganjuknews.com – Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, memimpin langsung upacara peringatan hari jadi ke-1085 Nganjuk di Alun-alun Nganjuk, Minggu (10/4/2022).

Ini merupakan kali pertama upacara peringatan hari jadi digelar di Alun-alun Nganjuk.

Sebelumnya, upacara peringatan hari jadi dilaksanakan di Gedung Olah Raga (GOR) Bung Karno Nganjuk.

Menurut Kang Marhaen, sapaan karib Marhaen Djumadi, ada alasan tersendiri mengapa upacara diadakan di Alun-Alun Nganjuk.

Alasanya yakni untuk mengembalikan ruh alun-alun sebagai tempat berkumpul masyarakat.

“Alhamdulillah, hari ini merupakan pertama kalinya kita melaksanakan upacara di alun-alun. Kita ingin mengembalikan ruh sejarah yang sesungguhnya,” kata Marhaen.

Pada momen ini, orang nomor satu di Pemkab Nganjuk tersebut turut mengajak segenap masyarakat introspeksi diri untuk kemajuan Nganjuk.

“Saya mewakili Pemerintah Kabupaten Nganjuk mengucapkan selamat hari jadi ke-1085 Nganjuk,” ucap Marhaen.

“Ini adalah momentum untuk betul-betul kita bisa introspeksi diri, kita bisa menata diri, kita bisa melihat perjalanan Nganjuk yang sudah berusia 1085 ini,” lanjut dia.

DNA Pemenang

Dalam pidatonya, Marhaen turut menyingung mengenai filosofi dari Anjuk Ladang yang keberadaannya sarat dengan sejarah Nganjuk.

“Anjuk Ladang adalah tanah kemenangan, jadi DNA kita sebagai masyarakat Nganjuk adalah DNA pemenang,” tegas Marhaen.

Marhaen menjelaskan, simbol tanah kemenangan tersebut termaktub dalam Tugu Jayastamba yang ditemukan di Candi Lor.

“Jayastamba adalah tugu kemenangan yang memiliki arti bahwa orang-orang yang lahir di Nganjuk memiliki darah sukses dan mental juara,” tuturnya.

“Tetap semangat dan tangguh tanpa mengeluh, maka orang-orang Nganjuk akan sukses. Nganjuk saatnya untuk bangkit,” sambung Marhaen.

Upacara peringatan hari jadi ke-1085 Nganjuk di Alun-alun Nganjuk sendiri dihadiri sejumlah pejabat teras di Kabupaten Nganjuk.

Selain Marhaen, tampak jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kepala OPD se-Kabupaten Nganjuk, masyarakat dan kalangan pelajar.