Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kang Marhaen Buka Festival Pulang Kampung, Jurus Pemkab Sambut Pemudik Nganjuk

Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi memukul gong tanda dibukanya Festival Pulang Kampung di GOR Bung Karno Nganjuk, Kamis 5 Mei 2022

Nganjuknews.com – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, resmi membuka Festival Pulang Kampung, Kamis 5 Mei 2022.

Festival Pulang Kampung sendiri berlangsung di Gelanggang Olahraga (GOR) Bung Karno, di Jalan Barito, Kelurahan Begadung, Kecamatan Nganjuk, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Event Festival Pulang Kampung merupakan salah satu upaya dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dalam menyambut perantau yang mudik ke kampung halamannya di Nganjuk.

Adapun Festival Pulang Kampung ini rencananya digelar selama delapan hari, yakni mulai tanggal 5 Mei 2022 hingga 12 Mei 2022.

Kang Marhaen, sapaan akrab Marhaen Djumadi mengatakan, pihaknya berencana menjadikan Festival Pulang Kampung menjadi event tahunan di Kota Bayu.

“Event ini akan menjadi agenda tahunan, agar masyarakat Nganjuk cinta kampung halaman,” kata Kang Marhaen, Kamis 5 Mei 2022.

Sementara Festival Pulang Kampung sendiri berbentuk bazar.

Seperti bayar pada umumnya, stan-stan pun berjejeran baik di dalam maupun di halaman GOR Bung Karno Nganjuk. Stan-stan tersebut mayoritas berasal dari pelaku usaha.

Di antara stan yang ada di dalam GOR Bung Karno Nganjuk diisi para pelaku usaha binaan Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi dan UMKM, serta OPD lainnya.

Kang Marhaen menuturkan, melalui event ini pihaknya berharap perantau asal Nganjuk selalu ingat dan tidak lupa dengan kampung halamannya.

“Meskipun merantau di negeri orang, namun masih ingat kampung halaman dan pulang kepada orang tuanya, serta berbelanja di daerahnya sendiri, cintai dan beli produk lokal,” ujarnya.

“Cari uang di kota orang, berbelanja dikota sendiri,” lanjut politikus Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan tersebut.

Untuk diketahui, Festival Pulang Kampung sejatinya merupakan acara bagian dari rangkaian kegiatan Hari Jadi Nganjuk ke-1085.

Melalui event ini, pengunjung dapat menikmati berbagai kegiatan yang disuguhkan seperti pertunjukan musik, pameran atau bazar, dan kegiatan menarik lainnya.