Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pastikan Kualitas Layanan, RSD Kertosono Lakukan Kalibrasi Alat Kesehatan

Kegiatan kalibrasi alat kesehatan di RSD Kertosono

Nganjuknews.com – Rumah Sakit Daerah (RSD) Kertosono, Kabupaten Nganjuk, terus berupaya untuk menjaga mutu dan meningkatkan kinerja pelayanan.

Salah satunya dengan melakukan kalibrasi terhadap alat kesehatan secara berkala. Tujuannya agar alat kesehatan yang digunakan aman dan akurat bagi pelayanan.

“Alat kesehatan wajib dilakukan pengujian atau kalibrasi, sebagai salah satu kegiatan dalam pengembangan terhadap pelayan kesehatan agar alat yang digunakan aman dan akurat bagi pelayanan,” jelas Direktur RSD Kertosono, dr Hendriyanto, dalam rilis tertulis yang diterima Nganjuknews.com, Rabu 15 Juni 2022.

Untuk diketahui, kalibrasi merupakan suatu proses pengecekan dan pengaturan akurasi dari alat-alat kesehatan, dengan cara membandingkan dengan standar atau tolak ukur tertentu.

Kalibrasi diperlukan untuk memastikan hasil pengukuran atau pemeriksaan yang dilakukan oleh alat tersebut akurat, dan konsisten dengan instrumen lainnya.

Komitmen Tingkatkan Pelayanan

Di era serba digital seperti saat ini, setiap rumah sakit dituntut untuk terus meningkatkan mutu pelayanan, agar mampu bersaing dan eksis dalam menjalankan kegiatan pelayanan.

Menyadari akan hal tersebut, pihak RSD Kertosono berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara prima.

Salah satunya dengan mengembangkan fasilitas dan peralatan kesehatan rumah sakit yang berkualitas.

Tujuannya jelas, yakni untuk meningkatkan kinerja pelayanan rumah sakit, sehingga mampu bersaing dengan rumah sakit rujukan lainnya.

Adapun RSD Kertosono memiliki beberapa unit pelayanan yang bisa diakses oleh masyarakat Kabupaten Nganjuk dan sekitarnya.

Di antaranya Instalasi Rawat Inap, Instalasi Rawat Jalan, Instalasi Bedah Sentral, Instalasi Haemodialisa, IGD, ICU, dan CSSD yang dilengkapi dengan peralatan kesehatan yang terus dikembangkan dari waktu ke waktu.

Sementara untuk menjaga alat kesehatan di unit pelayanan RSD Kertosono aman dan akurat bagi pelayanan, alat-alat kesehatan secara berkala dilakukan kalibrasi.

“Pengujian atau kalibrasi di Rumah Sakit Daerah Kertosono terdiri dari rangkaian kegiatan, mulai dari menyusun rencana kerja kalibrasi, menyusun jadwal kalibrasi, sampai dengan pencatatan, pelaporan, analisis, dan tindak lanjut hasil kalibrasi alat elektromedis,” ujar dr Hendriyanto.

“Kegiatan kalibrasi alat kesehatan di Rumah Sakit Daerah Kertosono dilaksanakan pada tanggal 17-21 Mei 2022, dan 23-25 Mei 2022,” lanjut dia.

Dengan dilakukannya kegiatan kalibrasi peralatan elektromedis ini, diharapkan kebutuhan sarana dan prasarana RSD Kertosono yang terkait dengan peralatan elektromedis dapar tercukupi.

Sehingga RSD Kertosono dapat memberikan pelayanan kesehatan yang optimal bagi masyarakat.