Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sri Handoko Taruna Beberkan Outline PUG Nganjuk ke Tim Verifikasi Lapangan, Jamin Masuk Program Prioritas

Pj Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna, memaparkan kondisi PUG ke Tim Verifikasi Lapangan Evaluasi PUG di Aula Pertemuan BPKAD Kabupaten Nganjuk, Rabu 15 November 2023

Nganjuknews.com – Pj Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna, menerima langsung kunjungan Tim Verifikasi Lapangan Evaluasi Pengarusutamaan Gender (PUG) Kabupaten Nganjuk Tahun 2023, Rabu 15 November 2023.

Sri Handoko menerima kunjungan Tim Verifikasi Lapangan Evaluasi PUG di Aula Pertemuan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Adapun Tim Verifikasi Lapangan Evaluasi PUG itu dipimpin oleh Asisten Deputi PUG Bidang Sosial dan Budaya Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Eko Novi Ariyanti.

Verifikasi Lapangan Evaluasi PUG sendiri merupakan bagian dari tahapan penilaian dalam rangka Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2023.

Dalam kesempatan itu, Sri Handoko menyampaikan selamat datang kepada Tim Verifikasi Lapangan Evaluasi PUG yang hadir.

Sri Handoko lantas memaparkan berkaitan dengan PUG Kabupaten Nganjuk, meliputi kondisi eksisting, komitmen pemerintah, kelembagaan dan dasar pelaksanaan PUG, capaian IPM, IPG dan IDG; penghargaan terkait PUG, inovasi dan kolaborasi dengan masyarakat, pelaku usaha, dan Ormas terkait PUG, dan stunting.

"Pengarusutamaan gender dalam pembangunan merupakan tugas dan tanggung jawab bersama, seluruh perangkat daerah dan masyarakat Kabupaten Nganjuk,” jelas Sri Handoko.

“Ini menjadi komitmen bersama Pemerintah Kabupaten Nganjuk. Perangkat daerah, camat dan seluruh elemen masyarakat terus bersinergi, berkoordinasi, dan bekerja sama dengan baik,” tuturnya.

Selanjutnya, Sri Handoko menuturkan bahwa PUG termasuk program prioritas Kabupaten Nganjuk ke-10, yakni mewujudkan Kabupaten Nganjuk layak anak dan responsif gender.

“Dalam RPJMD-P tahun 2018-2023 kami memiliki visi mewujudkan Kabupaten Nganjuk yang maju dan bermartabat," paparnya.

"Selain itu, dalam Rencana Aksi Daerah PUG Kabupaten Nganjuk tahun 2022-2025 ada beberapa bidang yang di dalamnya membahas terkait isu gender. Antara lain bidang kesehatan, ekonomi, ketenagakerjaan, politik, pendidikan, sosial dan kesejahteraan masyarakat, serta infrastruktur," lanjut Sri Handoko.