Skip to main content

Begini Cara Warga Juwet Meriahkan HUT RI di Tengah Pandemi

Ngronggot, Nganjuknews.com - Beragam cara bisa dilakukan masyarakat untuk memperingati hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-75 dan tahun baru Islam 1442 hijriyah.

HUT RI ke-75, Nganjuk
Foto: Sejumlah remaja saling bekerjasama memanjat pohon pinang dalam kegiatan untuk memperingati HUT RI ke-75 dan tahun baru Islam 1442 hijriyah, Jumat (11/9/2020).

Di masyarakat pedesaan, ekspresi kegembiraan atas kemerdekaan RI dan tahun baru Islam biasanya dirayakan dengan menggelar sejumlah perlombaan.

Seperti yang dilakukan warga Kampung Grampangsari, RT 02, RW 02, Dusun Sonopinggir, Desa Juwet, Kecamatan Ngronggot, Kabupaten Nganjuk.

Warga secara swadaya menggelar sejumlah perlombaan yang diikuti warga setempat dari berbagai kelompok usia, dari anak-anak hingga remaja.

Di antara perlombaan itu seperti tarik tambang, panjat pinang, lomba balap kelereng memakai sendok, dan sejumlah perlombaan tradisional lainnya.

Perlombaan dalam rangka agustusan ini merupakan inisiatif salah seorang warga setempat. Lokasi perlombaannya persis berada di tengah kampung.

Kegiatan ini berlangsung maraton selama tiga hari, dari Rabu (9/9/2020) hingga Jumat (11/9/2020).

Peringatan HUT RI ke-75 ini memang molor dari biasanya, tidak dilangsungkan pada bulan Agustus yang notabene bulan digaungkannya proklamasi.

Demikian juga dengan tahun baru Islam 1 Muharam 1442 hijriyah. Di kalander masehi, 1 Muharam 1442 hijriyah jatuh pada 20 Agustus 2020 lalu.

Penyebabnya pandemi Covid-19. Kala itu pemerintah desa setempat belum memperbolehkan kegiatan yang menghadirkan kerumunan massa.

Adapun sekarang, warga memberanikan diri menggelar kegiatan karena peringatan HUT RI ke-75 dan tahun baru Islam ini hanya diikuti oleh warga setempat. 

Sementara di Kampung Grampangsari tidak ditemukan kasus Covid-19, sehingga tidak ada kekhawatiran akan terjadinya penularan virus asal Wuhan, Tiongkok, itu.

Salah satu inisiator kegiatan, Miftahul Hidayat, menjelaskan digelarnya berbagai perlombaan ini merupakan cara warga memeriahkan HUT RI ke-75 dan tahun baru Islam 1442 hijriyah.

Kegiatan ini murni inisiatif beberapa warga yang ingin memeriahkan hari bersejarah bagi republik dan Agama Islam. Perlombaan ini tidak digagas pengurus RT, RW, maupun desa. 

Takul, begitu Miftahul Hidayat akrap disapa, berharap melalui kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa patriotisme di kalangan pemuda Grampangsari, Desa Juwet.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->