Skip to main content

HAKLI Magelang Buat SPAL dan Bagi Masker ke Pengungsi Merapi

KabarNasional, Magelang – Segenap pengurus dan anggota Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan (HAKLI) Kabupaten Magelang membagikan masker ke pengungsi di Pos Pengungsian Banyurojo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Selasa (24/11/2020).

Kabar Nasional, Ubah Laku, Pengungsian Merapi, Gunung Merapi, Merapi, Kabupaten Magelang, Magelang
Caption: Anggota HAKLI Kabupaten Magelang membuatkan SPAL di Pos Pengungsian Banyurojo, Selasa (24/11/2020). Selain itu mereka juga membagikan masker ke para pengungsi. Foto: Humas/Istimewa

Selain masker, mereka juga membagikan disinfektan dan sabun cuci. Bantuan tersebut tidak hanya diperuntukkan untuk pengungsi di Pos Pengungsian Banyurojo, namun juga ke semua pos pengungsian warga lereng Gunung Merapi yang berada di wilayah Kabupaten Magelang.

Penyaluran bantuan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke 56 ini merupakan upaya HAKLI Kabupaten Magelang mencegah penularan Covid-19 ke para pengungsi. Sekaligus untuk mengedukasi pentingnya menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

“Kami juga mengedukasi, memberi penyuluhan terkait dengan adanya pandemi Covid-19, Inspeksi Kesehatan Lingkungan (IKL) di semua pos pengungsian,” jelas Ketua HAKLI Kabupaten Magelang, Darkam kepada wartawan, Selasa (24/11/2020)

Tak hanya membagikan masker, disinfektan dan sabun cuci, HAKLI Kabupaten Magelang juga membuat Sarana Pembuagan Air Limbah (SPAL) di Pos Pengungsian Banyurojo. Bantuan ini merupakan wujud kepedulian HAKLI di tengah tatanan kehidupan baru.

“Dengan melihat kondisi yang ada di pengungsian, maka HAKLI merasa terpanggil untuk ikut berkontribusi guna meminimalisir kemungkinan akan terjadi penularan penyakit akibat dari kebersihan lingkungan dan pola hidup sehat para pengungsi,” tutur Darkam.

Sebagaimana diketahui, ribuan warga yang tinggal di lereng Gunung Merapi wilayah Kabupaten Magelang, terutama mereka yang tinggal di di Kawasan Rawan Bencana (KRB) III harus diungsikan. Hal itu setelah status Gunung Merapi naik dari waspada menjadi siaga.

Sementara untuk menampung para pengungsi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang telah menyiapkan sejumlah tempat pengungsian, salah satunya di Banyurojo. Tentu saja tempat pengungsiannya sesuai standar protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

“Penerapan protokol kesehatan akan selalu dikedepankan dalam mempersiapkan tempat-tempat pengungsian,” ujar Bupati Magelang, Zaenal Arifin, kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Reporter: Usman H

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->