Skip to main content

Dinkes Akan Rapid Test Acak Wisatawan Borobudur

KabarNasional, Magelang – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Magelang berencana mengadakan rapid test secara acak di sekitar kawasan Borobudur. Sasarannya ialah wisatawan yang tengah berlibur di kawasan itu.

Kabar Nasional, Ubah Laku, Pemkab Magelang, Magelang, Covid-19, Corona
Ilustrasi: Pengunjung Candi Borobudur menjalani pemeriksaan menggunakan alat tes diagnostik cepat untuk mendeteksi penularan COVID-19 di TIC Borobudur, Kabupaten Magelang, Rabu (28/10/2020). (ANTARA/Anis Efizudin)

Rapid test secara acak ini akan dilakukan pada 26 dan 31 Desember 2020 besok. Tujuannya yakni untuk meminimalisir potensi penyebaran virus Corona di kawasan wisata, termasuk destinasi wisata di kawasan Borobudur.

“Rapid test (akan dilakukan) pada tanggal 26 dan 31 Desember 2020 mendatang,” jelas Kepala Dinkes Kabupaten Magelang, Retno Indriastuti kepada wartawan di Kabupaten Magelang, Rabu (23/12/2020) kemarin.

Retno menuturkan, sedianya rapid test acak ini akan digelar di Tourist Information Center (TIC) Borobudur. Pihaknya menargetkan 150 sasaran wisatawan yang dirapid dalam sehari dari 26 dan 31 Desember 2020.

Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinkes Kabupaten Magelang, Dwi Susetyo menambahkan, pada dasarnya penyebaran Covid-19 berbasis pergerakan manusia. Oleh sebab itu, diperlukan upaya preventif untuk mencegah penularannya.

“(Makanya) harus diambil sampel untuk mengetahui apakah wisatawan yang berkunjung (ke kawasan Borobudur) itu memiliki atau membawa virus Sars-Cov-2 atau tidak,” papar Dwi.

Menurut Dwi, nantinya jika dijumpai wisatawan yang reaktif maka yang bersangkutan akan langsung ditangani petugas Dinkes. Wisatawan tersebut akan ditangani di dalam mobil khusus yang sudah disiapkan petugas.

“Kita ada satu mobil khusus, dalam waktu kurang dari satu jam (hasil pemeriksaannya) sudah bisa menunjukkan yang bersangkutan positif atau konfirmasi Covid-19 atau tidak,” terang Dwi.

Reporter: Usman H

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->