Skip to main content

Kabupaten Magelang Diperkirakan Dapat 2.700 Vaksin Covid-19

KabarNasional, Magelang- Masyarakat Kabupaten Magelang diperkirakan mendapatkan jatah 2.700 vaksin Covid-19 merk Sinovac. Hal itu terealisasi bila vaksin yang diterima Jawa Tengah antara 100.000-120.000 ampul.

Kabar Nasional, Ubah Laku, Pemkab Magelang, Magelang, Covid-19
Caption: Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Dwi Susetyo. Foto: Pemkab Magelang/Nganjuknews.com

“Kalau (jatah Jawa Tengah) dibagi dengan 37 Kabupaten/Kota, maka Kabupaten Magelang kurang lebih mendapatkan 2.700 vaksin,” jelas Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Dwi Susetyo.

Hal itu disampaikan Dwi kepada wartawan di Kabupaten Magelang saat Konferensi Pers Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang di Ruang Command Center SetKab Magelang, Jumat (18/12/2020).

Dwi menuturkan, nantinya vaksi yang akan diterima diprioritaskan untuk tenaga kesehatan. “Karena dalam filosofi kebencanaan yang diprioritaskan adalah orang yang menolong supaya mereka bisa menolong,” katanya.

Sementara kini, lanjut Dwi, pihaknya tengah menyiapkan sistem informasi PCare (Primary Care) supaya memperlancar pelayanan imunisasi.

“Jadi nanti setiap orang yang akan meminta pelayanan vaksinasi harus mendaftar terlebih dahulu kemudian didata dan disiapkan, sehingga setiap pelayanan kesehatan mampu memberikan pelayanan optimal dan akuntabel,” tuturnya.

Terkait sistem PCare, kata Dwi, fasilitas kesehatan yang disiapkan terlebih dahulu adalah fasilitas kesehatan milik pemerintah yang terdiri dari 29 Puskesmas plus RSUD Merah Putih dan RSUD Muntilan. 

“Saat ini baru rumah sakit itu dulu yang kita siapkan PCare-nya, karena Puskesmas itu sudah bekerjasama dengan BPJS dan fasilitas PCare ini dari BPJS, otomatis bisa langsung menggunakan user dan accountya,” tutupnya.

Reporter: Usman H

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->