Skip to main content

Candi Borobudur Dibuka Kembali, Prokes Covid-19 Diterapkan Secara Ketat

Ilustrasi: Taman Wisata Candi Borobudur . (ANTARA/Heru Suyitno)
Ilustrasi: Taman Wisata Candi Borobudur . (ANTARA/Heru Suyitno)

Magelang – Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, dibuka kembali untuk kalangan wisatawan mulai Selasa (18/5/2021). Ini merupakan pertama kalinya Candi Borobudur dibuka setelah ditutup selama libur lebaran 2021.

Kendati dibuka untuk umum, para pengunjung Candi Borobudur harus mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) super ketat seperti yang dianjurkan pemerintah.

Setiap pengunjung yang masuk harus mematuhi aturan. Seperti menggunakan masker, dicek suhu tubuh, cuci tangan menggunakan sabun, dan harus melalui disinfektan center.

Selain itu, untuk mengantisipasi kerumunan saat antre pembelian tiket, para pengunjung atau wisatawan dianjurkan membayar via digital atau cashless

“Secara umum kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan sangat baik,” jelas Plt GM PT Taman Wisata Candi Borobudur, Jamaludin Mawardi, Selasa (18/5/2021).

Penerapan prokes Covid-19 benar-benar diberlakukan secara ketat di kawasan destinasi wisata super prioritas ini. Bahkan jumlah kunjungan ke Candi Borobudur dibatasi hanya 30 persen dari kapasitas.

Sebagai gambaran, dalam kondisi normal kapasitas kunjungan Taman Wisata Candi Borobudur bisa mencapai 10 ribu orang. Artinya di musim pandemi Covid-19 ini hanya boleh dikunjungi sekitar 3.000-3.500 wisatawan saja.

Selanjutnya, jam operasional Candi Borobudur juga dibatasi yakni dibuka mulai pukul 7.30 WIB hingga 15.00 WIB.

“Kita belajar dari daerah-daerah lain yang tidak patuh protokol kesehatan, sehingga terjadi kerumunan. Kita tidak ingin seperti itu, dan jangan sampai Satgas Penanganan Covid-19 menutup obyek wisata ini,” papar Jamal, sapaan Jamaludin.

Sekretaris PT Taman Wisata Candi (TWC), Emilia Untari menambahkan, dibukanya kembali Candi Borobudur diawali dengan persiapan seperti pelayanan prima sesuai pedoman CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment). Petugas juga sudah divakinasi secara lengkap.

Langsung Diserbu Wisatawan

Plt GM PT Taman Wisata Candi Borobudur, Jamaludin Mawardi menuturkan, dibukanya kembali Candi Borobudur ini langsung diserbu wisatawan. Ratusan wisatawan dari berbagai daerah berdatangan sejak pagi hingga siang hari.

Mayoritas pengunjung datang dari berbagai kota di Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur maupun kota-kota lainnya di luar Jawa.

“Alhamdullilah sejak pagi hari wisatawan sudah mulai berdatangan,” tutur Jamal.

Editor: Usman H

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->