Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Image

Bentuk Herd Immunity, Warga Sekitar IAI Al-Qolam Ikuti Vaksinasi Covid-19

Ubah Laku

Nganjuknews.com – Mahasiswa, santri, dan masyarakat sekitar Institut Agama Islam (IAI) Al-Qolam Malang mengikuti vaksinasi Covid-19. Vaksinasi ini merupakan upaya menciptakan herd immunity terhadap virus Corona.

Vaksinasi tersebut dilaksanakan hari ini hingga Minggu (19/9/2021) besok. Penyelenggaranya ialah Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Jawa Timur (Jatim) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Malang.

Untuk memantau pelaksanaan vaksinasi dengan target 1000 dosis tersebut, hari ini Forkopimda Jatim datang ke IAI Al-Qolam. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa hadir langsung menyapa peserta vaksinasi.

Khofifah menjelaskan, vaksinasi yang berlangsung di IAI Al-Qolam bertujuan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Jadi kami melakukan koordinasi dengan seluruh Bupati Walikota, Kapolres, dan Dandim se-Jawa Timur. Salah satu yang kita harapkan bisa mewujudkan kekebalan komunitas adalah dengan melakukan vaksinasi,” jelasnya.

Untuk Kabupaten Malang, kata Khofifah, menjadi salah satu wilayah yang didorong meningkatkan jumlah sasaran vaksinasi. Khofifah meminta seluruh stakeholder terkait berikhtiar memaksimalkan vaksinasi.

“Semua unsur di Kabupaten Malang dari Pak Bupati, Dandim, dan Kapolres saling berkerjasama untuk mempercepat vaksinasi untuk masyarakatnya. Saya sangat mengapresiasi upaya ini,” tutur Eks Menteri Sosial itu.

Sementara itu, Khofifah mengaku bersyukur lantaran masyarakat Kabupaten Malang antusias mengikuti vaksinasi. Vaksinasi massal ini merupakan bagian dari program serbuan vaksinasi yang melibatkan TNI-Polri.

“Kabupaten Malang menjadi perhatian kami. Karena diketahui bahwa Malang sangat baik dalam program percepatan vaksinasinya, sehingga sudah masuk level II. Semoga segera disusul oleh kabupaten-kota lainnya,” harapnya.

Minta Warga Taat Prokes

Kendati sudah mengikuti vaksinasi Covid-19, Khofifah berharap masyarakat Kabupaten Malang dan warga Jatim pada umumnya untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

Sebab, penerapan Prokes secara ketat merupakan salah satu kunci masyarakat terhindar dari wabah Corona.

“Saya juga berpesan pada semua masyarakat untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19,” imbau Khofifah.

Editor: Usman H