Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Anak Yatim Korban Covid-19 dan Penyandang Disabilitas Dapat Dukungan Psikososial dari Polda Jatim

Ubah Laku

Surabaya – Puluhan anak yatim piatu korban Covid-19 dan penyandang disabilitas mendapat dukungan psikososial dari Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur (Jatim).

Dukungan psikososial itu diberikan di Gedung Gapura Surya Nusantara, Jalan Tanjung Perak, Kota Surabaya, Kamis (11/11/2021).

Berdasarkan data yang diperoleh Nganjuknews.com, ada 88 peserta yang mendapat dukungan psikososial. Mereka terdiri dari 22 anak usia 1-10 tahun, 23 remaja usia 13-17 tahun, 25 orang tua pendamping, dan 18 penyandang disabilitas.

Kepala Biro Sumber Daya Manusia (Karo SDM) Polda Jatim, Kombes Harry Kurniawan mengatakan, pemberian dukungan psikososial ini merupakan bagian dari upaya Polda Jatim mendukung program pemerintah.

“Kami akan terus mendukung program pemerintah terhadap penanganan anak terdampak Covid-19,” jelas Harry, Kamis (11/11/2021).

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini terbagi menjadi empat kelompok. Anak-anak, remaja, orang tua pendamping, dan kalangan penyandang disabilitas.

Untuk anak-anak mendapatkan bimbingan dalam bentuk mewarnai tas serut dan mendongeng. Sementara kalangan remaja mendapat bimbingan refleksi, relaksasi, serta debriefing.

Adapun untuk orang tua pendamping mendapat bimbingan debriefing dan terapi kelompok. Sedangkan untuk penyandang disabilitas mendapat bimbingan menggambar dan mewarnai.

Tak hanya mendapat dukungan psikososial, anak-anak yatim korban Covid-19 dan penyandang disabilitas juga mendapat sugesti positif, serta mendapat sembako dari CSR, paket belajar atau alat tulis, paket kesehatan, dan snack.

“(Kegiatan ini) selaras dengan program bapak Kapolri, Polri yang presisi,” pungkas Harry.

Editor: Usman H