Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kejar Herd Immunity, Ratusan Warga Kudu Jalani Vaksinasi Covid-19

Vaksinasi Covid-19

Nganjuk – Ratusan warga Desa Kudu, Kecamatan Kertosono, Nganjuk, mengikuti vaksinasi Covid-19 di balai desa setempat, Minggu (12/12/2021).

Kegiatan tersebut merupakan bagian ikhtiar untuk menciptakan herd immunity atau kekebalan kelompok di tengah-tengah masyarakat terhadap Covid-19 atau virus Corona.

Pengamatan Nganjuknews.com, calon peserta vaksinasi Covid-19 di Balai Desa Kudu harus menjalani serangkaian screening yang dilakukan oleh petugas medis.

Screening tersebut mulai dari pendaftaran, cek suhu tubuh, tensi, dan screening lainnya.

“Setelah dinyatakan sudah memenuhi syarat dan dinyatakan sehat, baru dilaksanakan vaksinasi,” jelas Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kudu, Pembantu Letnan Satu (Peltu) Dian Korbiantoro, Minggu (12/12/2021).

Berdasarkan data yang diperoleh Nganjuknews.com, ada sebanyak 750 warga yang mengikuti vaksiansi Covid-19 di Balai Desa Kudu hari ini.

Sementara Komandan Rayon Militer (Danramil) 0810/06 Kertosono, Kapten Inf Muhtar Isnaini mengatakan, pihaknya memang memerintahkan Dian Korbiantoro untuk mengamankan jalannya vaksinasi di Desa Kudu.

“Saya perintahkan kepada Babinsa untuk selalu aktif mendampingi pemberian vaksin, dari awal pelaksanaan sampai dengan selesai, dan melaporkan hasilnya sebagai pertanggungjawaban di lapangan,” tutur Muhtar Isnaini.

Muhtar Isnaini berharap, melalui kegiatan vaksinasi Covid-19 tersebut wilayah Kecamatan Kertosono, dan di negara Indonesia pada umumnya, dapat terbebas dari wabah Covid-19.

“Kita berharap pandemi ini segera cepat selesai. Masyarakat dapat menjalankan aktivitas normal kembali, ekonomi masyarakat dan negara kembali normal,” sebutnya.

Adapun kepada warga yang telah disuntik vaksin Covid-19, Muhtar Isnaini meminta protokol kesehatan (Prokes) tetap dilaksanakan secara ketat.

Prokes Covid-19 yang dimaksud meliputi selalu memakai masker, rutin mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari krumunan, dan mengurangi mobilitas.

Reporter: Usman H

Editor: Hasan