Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Disperindag Gelar Sosialisasi BDKT, Harap IKM UMKM Nganjuk Makin Maju

Kegiatan Sosialisasi Barang Dalam Keadaan Terbungkus (BDKT) di Aula Disperindag Kabupaten Nganjuk, Selasa (24/5/2022)

Nganjuknews.com – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Nganjuk melalui bidang Kemetrologian mengadakan Sosialisasi Barang Dalam Keadaan Terbungkus (BDKT), Selasa (24/5/2022).

Kegiatan yang berlangsung di Aula Disperindag Kabupaten Nganjuk itu dihadiri pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) makanan minuman di Kota Bayu, sebutan Nganjuk.

Bertindak sebagai narasumber yakni dari UPT Perlindungan Konsumen Kediri, Kantor Kejaksaan Negeri Nganjuk, dan Polres Nganjuk. Kegiatan ini dihadiri Kepala Disperindag Kabupaten Nganjuk Haris Jatmiko dan jajaran.

Dalam sambutannya, Haris menjelaskan, secara umum BDKT merupakan barang atau komoditas yang dimasukkan ke dalam kemasan tertutup, dan untuk mempergunakannya harus merusak kemasannya terlebih dahulu.

“Dikecualikan terhadap barang berupa makanan atau minuman yang dijual secara terbungkus, dan mudah basi, serta tidak tahan kurang dari tujuh hari,” papar Haris.

Haris berharap, melalui kegiatan ini IKM atau UMKM di Kabupaten Nganjuk dapat semakin maju.

“(Harapannya) produk-produk yang ada di Kabupaten Nganjuk semakin eksis dan terkenal. Kualitasnya terjamin dan konsumen terlindungi,” bebernya.

Perwakilan UPT Perlindungan Konsumen Kediri, Yudi Widodo menambahkan, menjaga kualitas dan kuantitas produk makanan serta minuman hasil produksi IKM dan UMKM memang sangat penting.

“Agar pelaku usaha mematuhi dan melaksanakan aturan Permendag Nomor 31/M-DAG/PER/10/2011 tentang BDKT, dan agar para konsumen juga merasa puas serta terlindungi,” tutur Yudi.

Yudi berharap, produk-produk hasil IKM dan UMKM dari Kabupaten Nganjuk dapat dipertanggungjawabkan dari segi kualitas dan kuantitasnya.

“Artinya supaya para pelaku usaha dapat memahami dan menerapkan aturan-aturan tentang BDKT tersebut. Jangan sampai mengurangi ukuran, timbangan harus sesuai dengan label yang dipasang di kemasan produk tersebut,” ujarnya.

“Dengan kesesuaian berat dengan harga produk, konsumen akan merasa puas,” lanjut dia.