Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingatkan Persatuan di Momen Peringatan Hari Lahir Pancasila, Kang Marhaen: Yuk Jaga Tanah Kelahiran Kita

Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi menyapa pimpinan perguruan silat di Kabupaten Nganjuk dalam momen peringatan hari lahir Pancasila tahun 2022 secara virtual dari Pendopo KRT Soesrokoesomo, Rabu 1 Juni 2022

Nganjuknews.com – Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, bersama jajaran Forkopimda mengikuti upacara peringatan hari lahir Pancasila tahun 2022 secara virtual dari Pendopo KRT Soesrokoesomo, Rabu 1 Juni 2022.

Peringatan hari lahir Pancasila tahun 2022 ini dipusatkan di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), bertema ‘Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia’. Upacara ini dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo.

Kang Marhaen, sapaan akrab Marhaen Djumadi, mengikuti upacara peringatan hari lahir Pancasila tahun 2022 dengan cara berbeda. Ia bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Nganjuk kompak mengenakan pakaian adat Jawa.

Seusai upacara, Kang Marhaen mengajak seluruh elemen masyarakat di Kota Bayu, sebutan Nganjuk, untuk memaknai hari lahir Pancasila dengan mewujudkan Kabupaten Nganjuk yang aman, tentram dan kondusif.

Selain itu, politikus Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan tersebut juga mengajak seluruh elemen di Kota Bayu menjaga persatuan dan kesatuan, terutama persatuan antarperguruan silat di Kabupaten Nganjuk.

“Dengan lahirnya Pancasila ini, mari kita menjaga kekondusifan di Kabupaten Nganjuk. Yuk kita jaga tanah kelahiran kita,” kata Kang Marhaen.

Kang Marhaen berharap seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Nganjuk, termasuk antarperguruan silat, dapat menjaga persatuan. Sebab, hal itu dapat menjadi modal dan kekuatan dalam membangun Nganjuk.

“Saatnya perguruan silat di Kabupaten Nganjuk Bersatu, demi mewujudkan Nganjuk bangkit,” beber Kang Marhaen.

Sementara dalam amanatnya di upacara peringatan hari lahir Pancasila tahun 2022, Presiden Joko Widodo mengajak seluruh putra-putri bangsa untuk bersama-sama membumikan dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila.

“Bangsa dan negara kita tetap bisa berdiri kokoh menjadi negara yang kuat. Karena kita sepakat untuk berlandaskan Pancasila,” jelas Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga mengingatkan agar Pancasila betul-betul diamalkan dan diperjuangkan.

“Mari kita wujudkan ke dalam bermasyarakatan, berbangsa, dan bernegara yang diimplementasikan dalam tata kelola pemerintahan dengan menjiwai sebagai interaksi antarasesama anak bangsa,” lanjut dia.