Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kejari Gelar Diskusi Panel Tangkal Radikalisme dan Intoleransi di Kalangan Pelajar Nganjuk

Kegiatan diskusi panel ‘Pencegahan Radikalisme dan Intoleransi di Kalangan Pelajar se-Kabupaten Nganjuk’ yang digelar Kejari Nganjuk di MAN 2 Nganjuk, Kamis 28 Juli 2022

Nganjuknews.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Nganjuk menggelar diskusi panel bertema ‘Pencegahan Radikalisme dan Intoleransi di Kalangan Pelajar se-Kabupaten Nganjuk’, Kamis 28 Juli 2022.

Diskusi ini berlangsung di Aula Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu Madrasah Aliyah Negeri 2 Nganjuk. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-62 tahun 2022.

Berdasarkan informasi yang diterima Nganjuknews.com, diskusi panel ini diikuti 216 siswa, dengan rincian dari MA 25 siswa, SMA 22 siswa, SMK 40 siswa, SMP 72 siswa, dan MTS 57 siswa.

Adapun diskusi panel ini dipandu oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk, Sopingi. Para Peserta yang merupakan pengurus OSIS terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan.

Ketua Panitia Diskusi, Dicky Andi Firmansyah menjelaskan, kegiatan diskusi dalam rangka Hari Bhakti Adhyaksa ke-62 ini bertema ‘Pencegahan Radikalisme dan Intoleransi di Kalangan Pelajar’.

“Dengan adanya diskusi ini diharapkan para siswa dapat memahami, sekaligus mengaplikasikan bagaimana mencegah radikalisme dan intoleransi yang akhir-akhir ini marak di kalangan masyarakat khususnya para pelajar,” kata Dicky.

“Dikarenakan para pelajar merupakan sasaran empuk untuk tumbuh dan berkembang paham radikalisme dan intoleransi,” lanjut pria yang menjabat Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri Nganjuk tersebut.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Nganjuk, Nophy Tennophero Suoth menambahkan, pihaknya mengaku kaget setelah mendengar informasi sejumlah pelajar di Jawa Timur terpapar radikalisme melalui media sosial.

“Yang menjadi perhatian kita semua adalah terkait radikalisme yang meningkat dapat menimbulkan perilaku yang membahayakan persatuan dan kesatuan kita,” ujar Nophy.

Oleh karena itu, lanjut Nophy, pihaknya berinisiatif menggandeng stakeholder terkait untuk mengadakan diskusi panel terkait radikalisme dan intoleransi.

“Dan saya juga menyampaikan penghargaan kepada Plt Bupati Ngajuk, Kapolres, Dandim, Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Nganjuk, seluruh pihak yang membantu suksesnya acara ini,” ucapnya.

“Semoga dalam peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-62 tahun 2022 ini akan membawa manfaat, khususnya untuk masyarakat Kabupaten Nganjuk,” sambung dia.

Sebagai informasi, diskusi panel ini dihadiri sejumlah pejabat teras di Kabupaten Nganjuk. Di antaranya Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi, Kapolres Nganjuk Boy Jeckson Situmorang.

Lalu ada Dandim 0810/Nganjuk Letkol Inf Tri Joko Purnomo, Ketua Pengadilan Negeri Nganjuk Chitta Cahyaningtyas, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk Mohammad Afif Fauzi.

Selanjutnya hadir Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk Sopingi, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Nganjuk Edy Sukarno, dan Pengurus MKKS se-Kabupaten Nganjuk.