Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

DPRD dan Pemkab Nganjuk Teken KUA-PPAS Tahun Anggaran 2023

Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk, Tatit Heru Tjahjono

Nganjuknews.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Nganjuk dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk menandatangani nota kesepakatan bersama.

Nota kesepakatan tersebut berkaitan dengan Kebijakan Umum Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (KUA), dan rancangan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun anggaran 2023.

Kesepakatan ini diambil dalam rapat paripurna dengan agenda pengesahan dan penetapan KUA-PPAS tahun anggaran 2023, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Nganjuk, Jumat 12 Agustus 2022.

“KUA-PPAS sudah ditandatangani semua,” ujar Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk, Tatit Heru Tjahjono, seusai menghadiri rapat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kabupaten Nganjuk, Minggu (14/8/2022).

Tatit menuturkan, pihaknya bersama pihak eksekutif, dalam hal ini Pemkab Nganjuk, telah menyepakati bersama KUA-PPAS tahun anggaran 2023.

Dalam kesepakatan tersebut, kata Tatit, KUA-PPAS tahun anggaran 2023 banyak mengalami penurunan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Data kemarin banyak berkurangnya,” ungkap pria yang juga menjabat Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Nganjuk tersebut.

Bahkan, lanjut Tatit, penurunan anggaran yang disepakati dalam KUA-PPAS tahun anggaran 2023 terjadi di hampir semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkab Nganjuk.

“Ya memang banyak penurunan dari semua OPD-OPD itu,” bebernya.

Menurut Tatit, penurunan anggaran yang disepakati dalam KUA-PPAS tahun anggaran 2023 terjadi karena menurunnya dana transfer dari pemerintah pusat.

“Memang dana transfernya yang turun. Ketika dana transfer turun, ya otomatis kita mengikuti itu,” sebutnya.

Sementara disinggung mengenai total KUA-PPAS tahun anggaran 2023 yang disepakati, Tatit tak menyebutkan secara detail.

“Totalnya saya lupa kemarin,” kata dia.

Adapun dalam KUA-PPAS tahun anggaran 2023, tutur Tatit, anggarannya masih banyak diprioritaskan untuk pembangunan fisik di Kabupaten Nganjuk.

“Prioritas masih banyak yang fisik, kebutuhan-kebutuhan itu… Prioritasnya masih banyak yang fisik,” pungkas Tatit.