Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Plt Bupati Nganjuk Launching Rumah Sahabat Perempuan dan Anak di Candirejo

Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, memotong pita sebagai simbol dilaunchingnya Rumah Sahabat Perempuan dan Anak di Desa Candirejo, Senin 15 Agustus 2022

Nganjuknews.com – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, resmi melaunching Rumah Sahabat Perempuan dan Anak di Desa Candirejo, Kecamatan Loceret, Senin 15 Agustus 2022.

Peluncuran ini merupakan bagian dari program Sekolah Perempuan, Anak, dan Masyarakat Marginal (Sapa Mama).

Adapun selain Desa Candirejo, ada lima desa lainnya di Kabupaten Nganjuk yang mendukung program ini.

Kelima desa tersebut yakni Desa Bareng dan Margopatut di Kecamatan Sawahan. Selanjutnya Desa Loceret, Klagen, dan Rejoso di Kecamatan Rejoso.

Dalam paparannya, Kang Marhaen sapaan akrab Marhaen Djumadi menjelaskan, kalangan perempuan, anak, dan masyarakat marginal harus diberikan edukasi agar bisa lebih berdaya.

“Perempuan, anak-anak, serta masyarakat marginal kita beri edukasi, agar lebih produktif. Kita juga ajak bersama-sama masyarakat agar dapat memberdayakan perempuan, semua kita ajak termasuk pelaku-pelaku bisnis,” tutur Kang Marhaen.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan tersebut menambahkan, bahwa dengan dibentuknya Rumah Sahabat Perempuan dan Anak di Desa Candirejo merupakan salah satu bentuk intervensi pemerintah ke masyarakat.

Dengan hadirnya Rumah Sahabat Perempuan dan Anak di Desa Candirejo, diharapkan tidak ada lagi kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di desa tersebut, dan di wilayah Kabupaten Nganjuk pada umumnya.

“Bahwa jangan ada lagi kekerasan terhadap perempuan dan anak,” harapnya.

Sementara dalam kegiatan ini juga diadakan fashion show lansia, lomba puisi, hingga penampilan-penampilan menarik lainnya.

Sebagai informasi, turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Bidang Kesetaraan Gender mewakili Kepala Dinas P3AK Provinsi Jawa Timur, lalu sejumlah stakeholder lainnya di Kabupaten Nganjuk.