Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tingkatkan Kemampuan dan Keterampilan Anggota PMR, PMI Nganjuk Gelar Sikom

Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, saat memberikan arahan dan motovasi ke peserta Sikom PMR di halaman SMA Negeri 3 Nganjuk, Minggu (11/9/2022)

Nganjuknews.com – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, menggelar Silaturahmi dan Kompetisi (Sikom) Palang Merah Remaja (PMR) se-Kabupaten Nganjuk, Minggu (11/9/2022).

Sikom PMR diadakan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan kepalangmerahan anggota PMR, serta untuk mengevaluasi sampai sejauh mana pembinaan yang telah dilakukan masing-masing sekolah.

Ketua Panitia Sikom PMR, Toto Nuswantoro menjelaskan, bahwa kegiatan ini dibagi menjadi tiga kategori, yaitu PMR Mula, PMR Madya, dan PMR Wira.

Masing-masing regu, lanjut Toto, harus manguasai materi sanitasi dan kesehatan, gerakan kepalangmerahan, pertolongan pertama, dan merangkai tandu.

“Kegiatan ini sekaligus untuk mengetahui tingkat kemampuan dan keterampilan kepalangmerahan anggota PMR, memberikan wadah untuk menguji kemampuan dan keterampilan, serta untuk mengetahui sejauh mana pembinaan yang telah dilakukan oleh masing-masing sekolah,” kata Toto, Minggu (11/9/2022).

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, yang menjadi inspektur upacara pembukaan Sikom PMR di halaman SMA Negeri 3 Nganjuk, sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya, Kang Marhaen menuturkan, melalui kegiatan itu diharapkan dapat menumbuhkan harapan baru dan semangat baru.

“Lewat PMR Awards inilah harapan baru, semangat baru. Ini lain dengan yang lain, yaitu kompetisi dengan penuh persaudaraan dan pertemanan,” bebernya.

Kang Marhaen lantas menjelaskan esensi dari kegiatan Sikom PMR dan PMR Awards, yakni untuk memberikan apresiasi kepada anggotanya yang selama ini terjun di PMR.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ini menginginkan agar anggota PMR tak hanya mengikuti kegiatan saja, namun juga harus memiliki makna.

“PMR adalah kegiatan PMI untuk anak sekolah. Dalam acara apapun, pesan saya lakukanlah dengan penuh semangat. Jadi tidak sekedar kumpul berkegiatan, tapi harus ada makna mengabdi untuk kemanusiaan,” tuturnya.

“(Seperti) mempertebal dan memperbanyak persahabatan, dan untuk meningkatkan serta ikut mendorong bagaimana memiliki semangat untuk berprestasi ‘need of power’ dengan melatih keberanian,” lanjut Kang Marhaen.

Sebagai informasi, kegiatan Sikom PMR ini juga dihadiri pejabat teras di Kabupaten Nganjuk. Selain Kang Marhaen, juga hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nganjuk, Mokhamad Yasin, dan pejabat teras lainnua.

Adapun kegiatan tersebut diikuti kurang lebih ada 81 regu, dengan keseluruhan anggota 972 orang. Untuk PMR Award terdiri dari 33 lembaga sekolah di Kabupaten Nganjuk.