Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kang Marhaen Hadiri Kegiatan Jemput Bola Layanan Adminduk di Ponpes Al-Ubaidah Kertosono

Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, secara simbolis memberikan dokumen Adminduk dalam kegiatan jemput bola layanan Adminduk di Ponpes Al-Ubaidah Kertosono, Selasa 25 Oktober 2022

Nganjuknews.com – Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, menghadiri kegiatan jemput bola layanan administrasi kependudukan (Adminduk) dan penerapan identitas kependudukan digital di Ponpes Al-Ubaidah Kertosono, Selasa 25 Oktober 2022.

Kegiatan ini diadakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Nganjuk. Tujuannya agar kalangan santri, ustaz, dan warga sekitar Ponpes bisa memiliki identitas kependudukan yang valid dan sah.

Dalam sambutannya, Kang Marhaen sapaan akrab Marhaen Djumadi memaparkan, kegiatan jemput bola layanan Adminduk ini merupakan bagian dari reformasi birokrasi, yakni memudahkan layanan publik buat masyarakat.

“Harus ubah mindset kita untuk melayani masyarakat dengan sepenuh hati, salah satunya dengan jemput bola seperti hari ini, dengan harapan masyarakat puas dengan pemerintah saat ini,” ujar Kang Marhaen.

Kepala Dukcapil Kabupaten Nganjuk, Gatut Sugiarto menegaskan, tujuan kegiatan ini yakni untuk memudahkan masyarakat, salah satunya warga Ponpes dalam mengakses layanan pembuatam identitas kependudukan.

“Kita melihat santri di pondok pesantren waktu untuk keluar sangat terbatas. Jadi kita berinovasi bagaimana agar mereka tetap mendapatkan KTP El,” papar saat ditemui wartawan usai kegiatan tersebut.

Pengasuh Ponpes Al Ubaidah Kertosono, Habib Ubaidillah Al Hasany, sangat mengapresiasi layanan yang diberikan Pemkab Nganjuk ini.

“Yang awalnya kegiatan seperti ini tidak relevan dengan pondok pesantren, namun saat ini sangat luar biasa kami dapat bersinergi, dan bahkan pondok pesantren menjadi prioritas utama dan dipercaya sebagai tuan rumah,” tuturnya.

Untuk diketahui, Dukcapil Kabupaten Nganjuk mempunyai inovasi pelayanan administrasi kependudukan online yang dapat diakses di https://sedudo.nganjukkab.go.id/.

Melalui inovasi pelayanan Adminduk online, masyarakat tidak perlu lagi pergi ke kantor desa, kecamatan, maupun dinas dukcapil karena semuanya sudah dapat diakses dari rumah.