Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahas Soth dan Selantang, Wakil Ketua I TP PKK Nganjuk Hadiri Pertemuan yang Digagas BKKBN Jawa Timur

Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Nganjuk Yuni Marhaen bersama Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Dardak saat menghadiri pertemuan yang diadakan Perwakilan BKKBN Jawa Timur, Senin 24 Oktober 2022

Nganjuknews.com – Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Nganjuk, Yuni Marhaen, menghadiri pertemuan yang diadakan Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Timur.

Pertemuan yang berlangsung di Hotel Dafam Signature, Jl Kayoon No 4-0 Embong Kaliasin Kota Surabaya pada Senin 24 Oktober 2022 itu membahas Sekolah Orang Tua Hebat (Soth) dan Sekolah Lansia Tangguh (Selantang).

Pertemuan yang diadakan Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur ini merupakan bagian dari upaya mengintervensi penurunan stunting di Jawa Timur.

Salah satu upayanya yakni dengan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) terkait pengasuhan 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) melalui pembentukan Soth dan Selantang.

Sementara Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Dardak mengatakan, saat ini sudah ada tiga kabupaten/kota yang menjadi pilot project Soth dan Selantang.

“Kami berharap Soth dan Selantang yang menjadi pilot project ini dapat dicopy dan diinisiasi oleh 35 kabupaten/kota yang lain,” tutur Arumi Bachsin, Senin 24 Oktober 2022.

Untuk diketahui, Soth merupakan wadah pembelajaran bagi orang tua yang memiliki balita tentang pengentahuan parenting.

Sementara Selantang merupakan wadah pembelajaran bagi para lansia.

Sekolah ini yang dibentuk dengan tujuan untuk mendampingi lansia agar lebih SMART, kepanjangan dari sehat, mandiri, aktif, produktif, dan bermartabat.

Sebab, sejatinya belajar tidak mengenal usia. Belajar harus dilakukan sepanjang hayat untuk menjadi lansia yang bermanfaat.