Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaatkan DBHCHT, Kominfo Nganjuk Gelar Pelatihan Digital Creative Competition 2022

Perwakian dari Kantor Bea Cukai Kediri, Saiful Arifin, memberikan materi dalam kegiatan pelatihan Digital Creative Competition 2022 di Gedung Wanita Nganjuk, Rabu 5 Oktober 2022

Nganjuknews.com – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nganjuk menggelar pelatihan keterampilan pembuatan poster digital dan film pendek selama dua hari, yakni pada Rabu 5 Oktober dan Kamis 6 Oktober 2022.

Pelatihan ini dikemas dalam kegiatan Digital Creative Competition 2022.

Adapun pelatihan yang digelar di Gedung Wanita Nganjuk ini menyasar siswa SMA-SMK-MA sederajat di wilayah Kabupaten Nganjuk. Tema yang diangkat ‘Nyawiji Cegah Rokok Ilegal, Selamatkan Keuangan Negara untuk Pembangunan Nganjuk’.

Pembukaan pelatihan dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Nganjuk Muslim, Kepala Diskominfo Kabupaten Nganjuk Slamet Basuki, dan perwakian dari Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea Cukai Kediri Saiful Arifin.

Dalam paparannya, Muslim menjelaskan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan Digital Creative Competition 2022. Selain kegiatan ini bermanfaat untuk para peserta, juga memberikan wadah positif untuk masyarakat.

“Dari pelatihan ini siswa dapat memperoleh ilmu yang bermanfaat mulai dari keterampilan, kesenian, sampai kreatifitasnya dalam membuat konten dan poster,” kata Muslim, Rabu 5 Oktober 2022.

Menurut Muslim, dengan adanya kegiatan seperti ini dapat mengekspos Kabupaten Nganjuk agar kebih dikenal masyarakat luar.

“Dan termasuk salah satu program pemerintah dengan metode branding,” lanjutnya.

Untuk diketahui, pelatihan Digital Creative Competition 2022 ini diikuti oleh 43 peserta dalam kategori lomba poster digital, dan 40 tim dalam kategori lomba film pendek dengan setiap tim terdiri dari lima anggota.

Pengamatan Nganjuknews.com, peserta pelatihan tampak sangat antusias mengikuti materi. Terbukti dari komunikasi dua arah antara pembicara dan peserta berlangsung sangat aktif.

Kepala Diskominfo Kabupaten Nganjukm Slamet Basuki, mengucapkan terima kasih kepada Kantor Bea Cukai Kediri atas dukungannya, sehingga pihaknya dapat membuat kegiatan yang bermanfaat seperti saat ini.

Slambas, sapaan akrab Slamet Basuki menjelaskan, tujuan dari diadakannya pelatihan ini yakni untuk melatih peserta membuat konten tentang pemberantasan rokok ilegal, juga untuk melawan peredaran cukai rokok ilegal di era milenial saat ini.

“Saya ucapkan syukur alhamdulillah. Semoga dengan diadakannya pelatihan hari ini dapat membawa hasil dan ilmu yang bermanfaat, serta dapat mewujudkan SDM yang berkualitas di Kabupaten Nganjuk,” harap Slambas.

Sementara pada pelatihan hari pertama, Rabu 5 Oktober 2022 dipaparkan materi tentang cukai, yang disampaikan oleh Saiful Arifin. Tujuan pemberian materi ini agar peserta lomba mengetahui gambaran yang akan mereka gunakan untuk lomba.

Selain itu, para peserta juga mendapatkan materi tentang dasar-dasar desain yang disampaikan oleh Fatawi Aqiel Helmi.

Sebagai informasi, kegiatan pelatihan Digital Creative Competition 2022 ini dibiayai oleh Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2022.