Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tirta Meyrizka Lubis, Pemudi Asli Nganjuk Jawa Timur Juara Duta Pendidikan Indonesia Tahun 2022

Profil dan biodata Tirta Meyrizka Lubis Juara Duta Pendidikan Indonesia Tahun 2022

Nganjuknews.comTirta Meyrizka Lubis atau dikenal dengan Tirta merupakan pemudi asli Kabupaten Nganjuk berhasil mengharumkan nama Provinsi Jawa Timur dalam ajang bergensi Pemilihan Duta Pendididikan Indonesia dengan berbagai kejuaraan yang diraihnya. 

Tirta yang merupakan Ketua Pemuda Bintang dan Pemuda Pelopor ini melalui proses yang sangat panjang untuk bisa mencapai prestasi yang membanggakan ini. 

Penilaian dalam proses pemilihan Duta Pendidikan Indonesia ini sangat kompleks, mulai dari wawasan, kepribadian, ketangguhan, pengalaman dan keaktifan dalam menggunakan media digital.

“Lomba ini merupakan lomba yang sangat kompleks karena penilaian bukan hanya dari kecerdasan wawasan dan intelektual, namun juga dengan emosional yang dinilai dari kepribadian peserta. Tentu ini merupakan point yang penting mengingat menjadi seorang duta adalah amanah yang besar dan harus bisa menjadi teladan untuk masyarakat” ungkap Tirta saat diwawancara.

Dalam pemilihan ini terdapat berbagai kompetisi untuk menilai peserta secara holistik, mulai dari kemampuan analisis, public speaking, literasi, dan hospitality. Beberapa diantaranya ada perlombaan presentasi dalam Konferensi Pendidikan Indonesia, dan dalam lomba ini Tirta menjadi Best Presenter dengan presentasi yang sangat memukau dan konten yang sangat baik.

Raju, selaku Ketua Pelaksana Pemilihan Duta Pendidikan Indonesia menyampaikan jika sang juara dalam Konferensi Pendidikan Indonesia ini adalah yang mampu menganalisis masalah dengan dalam, menjabarkan penuh data dan fakta, serta menyampaikan hal yang kompleks menjadi sangat sederhana untuk dipahami audiences. 

Selain itu terdapat lomba Karya Tulis Ilmiah, Tirta sebagai Mahasiswa Berprestasi Nasional dari Universitas Gadjah Mada tentu sudah terbiasa dengan karya tulis dan berbagai literasi, hal inilah yang membawanya membawa pulang kejuaraan Best Karya Tulis Ilmiah dengan nilai sangat memuaskan. Dewan juri menyampaikan bahwa juara dinilai dari karya tulis yang terbaik dinilai dari segi struktural yang tertata dan konten yang berisi padat penuh solusi kontrit.

Kemudian, Tirta juga mendapatkan kejuaraan sebagai RU1 Speech karena pidatonya yang memukau serta memberi solusi yang konkrit dengan membawa data fakta serta menyampaikan tentang undang-undang terkait pendidikan. Ditambah lagi, kejuaraan yang Tirta bawa adalah sebagai Top 5 Go Healthy atas kontribusi dan jasanya dalam pendidikan kesehatan di Provinsi Jawa Timur. 

Saat Grand Final di Gedung Achmad Sanusi, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Tirta mengaku sangat tenang karena sudah berserah seutuhnya kepada Tuhan, dia juga sangat senang bahwa teman-teman yang mendukungnya sangat banyak, mulai dari di akun digital maupun datang langsung membawa foto dan banner saat grand final.

“Saya sangat senang teman-teman saya semuanya mendukung saya atas proses ini, mulai dari digital bahkan sampai datang membawa atribut-atribut dukungan. Saya terharu dan itu juga yang membuat saya sangat percaya diri di atas panggung. Berbagi dukungan saya dapatkan dari pihak manapun. Semoga dengan amanah baru sebagai Duta Pendidikan Indonesia dan Puteri Pendidikan Nusantara Tahun 2022 ini, saya bisa semakin menebar manfaat untuk masyarakat,” harapan Tirta