Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resmikan The Carnival Nganjuk, Begini Harapan Sandiaga Uno

Menparekraf Sandiaga Uno memberikan sambutan saat peresmian The Carnival Nganjuk, Sabtu 8 Oktober 2022

Nganjuknews.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, meresmikan The Carnival Nganjuk bekas Taman Rekreasi Anjuk Ladang (TRAL) pada Sabtu 8 Oktober 2022.

The Carnival Nganjuk ini merupakan hasil kolaborasi dan kerja sama antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Cabang Nganjuk.

Sandi, sapaan akrab Sandiaga Uno, menjelaskan mengenai pentingnya stakeholder collaboration dalam memajukan sebuah wilayah, terutama di sector Pembangunan Wisata dan Ekonomi Kreatif (Ekraf).

“Pemerintah harus bekerja sama dengan dunia usaha, dengan HIPMI dan pengelola wisata,” ujar Sandi, Sabtu 8 Oktober 2022.

Oleh karenanya, Sandi mendukung penuh dan mengapresiasi atas kerja sama Disporabudpar Kabupaten Nganjuk dengan HIPMI Nganjuk, dalam upaya membangkitkan wisata dan Ekraf di Kota Angin.

Buah kerja sama itu kini bisa dilihat dengan hadirnya The Carnival Nganjuk, transformasi wisata buatan Taman Rekreasi Anjuk Ladang (TRAL) yang sudah lima tahun terakhir vakum.

“Ini adalah bentuk kolaborasi dan sinergi yang bagus,” kata dia.

Dalam kesempatan itu, Sandi juga menyinggung potensi-potensi di Kabupaten Nganjuk. Ia menilai Nganjuk memiliki potensi wisata alam yang menarik dan indah, lalu ada wisata buatan, budaya, dan bahari.

“Yang terpenting adalah menjadi kekinian, jangan sampai lupa tradisi budayanya dan kearifan lokal. Pembangunan dan pengembangan harus berbasis kualitas dan berkelanjutan, dengan menggunakan energi yang ramah lingkungan,” pesanya.

“Harapannya melalui peresmian (The Carnival Nganjuk) dan kerja sama (HIPMI) hari ini, akan membawa dampak positif bagi pelaku UMKM dan pemuda Nganjuk, sehingga bisa mengangkat sekitarnya, ekonomi meningkat masyarakat sejahtera,” lanjut dia.

Adapun dalam kunjungannya ini, Sandi disambut oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nganjuk, Mohamad Yasin. Yasin pun berterima kasih atas dukungan yang diberikan Sandi.

“Selamat datang di Kabupaten Nganjuk. Terima kasih Pak Menteri, dukungan dari Pak Menteri sangat kami harapkan,” papar Yasin.

Sekda asal Kecamatan Prambon ini pun sempat memaparkan pembangunan sektor wisata dan Ekraf di Kabupaten Nganjuk. Termasuk upaya-upaya yang telah dilakukan untuk meningkatkan sektor tersebut.

Salah satu upayanya yakni dengan menjalin kerja sama dan bersinergi dengan pihak-pihak terkait, termasuk HIPMI.

“Harapannya akan selalu bekerja sama, dan terlaksana dengan baik,” ucap Yasin.