Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TP PKK Nganjuk Tekankan Pentingnya Ketahanan Pangan Lokal, Dorong Pemanfaatan Lahan Kosong

Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Nganjuk Yuni Marhaen (kanan) saat menghadiri puncak peringatan hari pangan sedunia tahun 2022 di JX International Convention Exhibition, Kota Surabaya, Rabu 19 Oktober 2022

Nganjuknews.com – Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Nganjuk, Yuni Marhaen, menekankan pentingnya ketahanan pangan lokal yang beragam, bergizi seimbang, dan aman sebagai pemenuhan kebutuhan dasar.

Hal itu dikatakan Yuni kepada wartawan saat menghadiri puncak peringatan hari pangan sedunia tahun 2022 yang diadakan Pemrov Jatim di JX International Convention Exhibition, Kota Surabaya, Rabu 19 Oktober 2022.

Adapun kegiatan puncak peringatan hari pangan sedunia tahun 2022 tersebut mengambil tema ‘Optimis Jatim Bangkit, Wujudkan Kedaulatan Pangan’.

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, berkesempatan membuka langsung acara yang dihadiri beberapa bupati, wali kota, dan seluruh Ketua TP PKK seluruh Jawa Timur.

Acaranya dikemas dengan Festival Pangan Lokal B2SA, Lomba Cipta Menu, Kreasi Inovasi dan Teknologi Pertanian, serta ditutup dengan Test Market UMKM Jawa Timur Goes to Singapore dengan DHL, termasuk hasil UMKM Kabupaten Nganjuk di dalamnya.

Dalam kesempatan itu, Yuni menegaskan kembali pentingnya ketahanan pangan lokal yang beragam, bergizi seimbang, dan aman sebagai pemenuhan kebutuhan dasar.

“PKK Kabupaten Nganjuk akan terus menggalakkan program PTP yang dirasa ampuh dalam menghadapi ancaman krisis pangan yang mungkin akan terjadi,” kata Yuni dalam rilis tertulis yang diterima Nganjuknews.com.

“Pemanfaatan lahan kosong dengan aneka tanaman sayur, buah, serta tanaman produktif yang lain mampu menjaga kedaulatan pangan selain ditopang dari hasil pertanian modern,” lanjut dia.