Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kegiatan DAK Fisik Bidang Pendidikan di SMPN 1 Tanjunganom Memuaskan, Siap Digunakan untuk Tunjang KBM

SMPN 1 Tanjunganom

Nganjuknews.com – Kegiatan rehab sejumlah gedung di SMPN 1 Tanjunganom menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Bidang Pendidikan tahun 2022 dinilai memuaskan oleh pihak Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Nganjuk.

“Ada satu lembaga yang patut diacungi jempol, karena hasil pekerjaannya dinilai sangat baik yaitu SMPN 1 Tanjunganom,” ujar Kepala Bidang SMP Disdik Kabupaten Nganjuk, Restiyan Effendi, kepada Nganjuknews.com, Selasa (27/12/2022).

Ada enam item pekerjaan di SMPN 1 Tanjunganom yang kesemuanya dinilai baik.

Keenam item tersebut yakni rehab ruang UKS, rehap ruang lab komputer, rehab ruang lab IPA, rehab ruang guru, rehab toilet dalam untuk guru dan kepala sekolah, dan rehab toilet luar untuk siswa.

“Sampai batas waktu yang ditentukan hasilnya memuaskan. Dalam waktu dekat ini sudah bisa dimanfaatkan oleh pihak lembaga sekolah,” jelas Restiyan.

Untuk diketahui, SMPN 1 Tanjunganom bukanlah satu-satunya sekolah yang mendapat bantuan rehab dari DAK Fisik Bidang Pendidikan tahun 2022.

Berdasarkan catatan Nganjuknews.com, ada 61 sekolah lainnya yang turut direhab tahun ini. Rinciannya ada 26 SDN, dan 36 SMPN termasuk SMPN 1 Tanjunganom yang sebagian gedungnya direhab.

Kondisi salah satu gedung di SMPN 1 Tanjunganom yang baru saja selesai direhab, Selasa (27/12/2022)

Restiyan memastikan, proses perbaikan ke-62 sekolah dengan masa kerja 120 hari tersebut kini telah selesai, dan gedung yang telah selesai diperbaiki sudah bisa dimanfaatkan kembali.

“Alhamdulillah pelaksanaan kegiatan DAK fisik bidang pendidikan tahun ini bisa tepat waktu, tepat guna,” ucapnya.

“Saya berharap dengan peningkatan mutu sarana prasarana belajar ini mampu memberi rasa nyaman bagi siswa dan guru, dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar,” lanjut pria yang juga bertindak sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) tersebut.

Menurut Restiyan, kegiatan rehab atas 62 sekolah tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan mutu pendidikan di Kabupaten Nganjuk.

Kepala SMPN 1 Tanjunganom, Endang Sri Wahyuningsih melanjutkan, dengan adanya pekerjaan ini kini wajah SMPN 1 Tanjunganom semakin cantik dan terkesan mewah.

“Pokoknya istimewa. Saya mewakili atas nama lembaga mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak. Semoga berkah dan bermanfaat untuk kita semua, amin,” kata perempuan yang juga menjabat ketua tim pelaksana swakelola ini.

Adapun rehab keenam gedung di SMPN 1 Tanjunganom menggunakan bahan-bahan bermerk, mulai dari atap, lantai keramik, pengecatan, pemasangan plafon, dan closet duduk.