Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kang Marhaen Resmikan Jembatan Garu Baron, Kini Akses Warga Makin Mudah

Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, meresmikan Jembatan Garu di Desa Garu, Kecamatan Baron, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Selasa 31 Januari 2023

Nganjuknews.com – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, meresmikan Jembatan Garu di Desa Garu, Kecamatan Baron, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Selasa 31 Januari 2023.

Sebelum meresmikan Jembatan Garu, pria yang akrab disapa Kang Marhaen juga telah meresmikan sejumlah jembatan di wilayah Kabupaten Nganjuk pada awal tahun ini.

Salah satunya yakni Jembatan Sedulur di Desa Sumengko, Kecamatan Sukomoro.

Dalam sambutannya saat prosesi peresmian Jembatan Garu, Kang Marhaen menerangkan bahwa sektor pembangunan infrastruktur saat ini menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk.

“Pembangunan infrastruktur menjadi prioritas Kabupaten Nganjuk, termasuk jalan dan jembatan,” kata Kang Marhaen, Selasa 31 Januari 2023.

Namun politikus Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan tersebut tak menampik bahwa upaya pembangunan infrastruktur belum bisa menyentuh semua bidang.

Oleh karenanya, pembangunan yang dijalankan Pemkab dilakukan secara bertahap.

“Meskipun belum semuanya dapat diperbaiki, sehingga prosesnyapun harus bertahap,” papar Kang Marhaen.

Di antara infrastruktur yang kini telah diperbaiki Pemkab Nganjuk ialah Jembatan Garu. Saat ini jembatan ini tampak lebih lebar dan kokoh.

Kang Marhaen berharap, pelebaran Jembatan Garu di Kecamatan Baron ini dapat mempermudah mobilitas masyarakat, sehingga ekonomi masyarakat semakin menggeliat.

“Dengan pelebaran Jembatan Garu, akses masyarakat akan menjadi lebih cepat dan mudah terutama para petani,” tuturnya.

“Terkait resiko banjir di wilayah Desa Garu, Saya akan menginisiasi rumah pompa untuk mengurangi dampak banjir,” lanjut Kang Marhaen.

Untuk diketahui, pembangunan Jembatan Garu menekan anggaran sebesar Rp672.532.000. Pembangunannya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2022.

Saat ini Jembatan Garu memiliki lebar empat meter, yang sebelumnya hanya dua meter.

Adapun Jembatan Garu ini merupakan jembatan kelima yang dibangun oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Nganjuk.