Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Plt Bupati Nganjuk Resmikan Jembatan Sedulur Sumengko Sukomoro, Ini Harapannya

Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, meresmikan Jembatan Sedulur di Desa Sumengko, Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Nganjuk, Jumat 27 Januari 2023

Nganjuknews.com – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, meresmikan Jembatan Sedulur di Desa Sumengko, Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Jumat 27 Januari 2023.

Jembatan Sedulur ini menghubungkan RT 01 dan RT 02 di Dusun Gempolan, Desa Sumengko, yang selama ini aksesnya terputus karena tiadanya jembatan penghubung.

Oleh karenanya, kurang lebih dua tahun terakhir ini masyarakat Dusun Gempolan bergotong-royong, bersama-sama membangun jembatan ini. Hal itulah yang membuat jembatan ini dinamai ‘Sedulur’.

Kang Marhaen, sapaan akrab Marhaen Djumadi, mengapresiasi semangat warga yang bergotong-royong membangun Jembatan Sedulur.

“Saya mengapresiasi gotong royong, guyub rukun warga ujung timur Desa Sumengko ini,” ujar Kang Marhaen, Jumat 27 Januari 2023.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan itu melanjutkan, pembangunan Jembatan Sedulur diambilkan dari PAD Sumengko, dengan anggaran Rp780 juta dalam tiga tahun pengganggaran desa.

“Butuh dua tahun untuk mewujudkan mimpi Jembatan Sedulur ini. Ini dapat menggerakkan sektor ekonomi warga, karena aksesnya lebih mudah bahkan dengan desa lain,” tutur Kang Marhaen.

Dalam kesempatan itu, Kang Marhaen menyebut bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk selalu berupaya menyelesaikan persoalan publik di berbagai wilayah di Nganjuk, termasuk di Desa Sumengko.

Untuk mengendalikan banjir yang kerap terjadi di Desa Sumengko misalnya, kata Kang Marhaen, pihaknya telah melakukan sejumlah upaya dan kini hasilnya mulai terlihat.

“Beberapa program pengendalian banjir dari Pemda juga sudah mulai terlihat hasilnya di Sumengko. Selanjutnya kami akan lanjutkan beberapa infrastruktur yang belum tuntas di wilayah banjir ini,” paparnya.

Untuk diketahui, Jembatan Sedulur di Desa Sumengko memiliki panjang 50 meter dengan lebar dua meter. Jembatan ini berada di atas anak Sungai Widas di wilayah Sumengko.