Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

UKKI Unesa Gelar BKM ke-34 di Kepel Nganjuk, Berdayakan Masyarakat dengan Berbagai Program Unggulan

Semangat pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa yang tergabung dalam UKKI Unesa tetap berkobar hingga saat ini

Nganjuknews.comSemangat pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Kerohanian Islam (UKKI) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) tetap berkobar hingga saat ini.

UKKI Unesa sebagai salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Unesa turut serta menjembatani mahasiswa agar dapat terjun langsung pada masyarakat, dengan menyelenggarakan kegiatan Bakti Karya Mahasiswa (BKM).

BKM merupakan rangkaian acara milad UKKI Unesa 2023 yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Saat ini, BKM sudah masuk tahun ke-34.

Dengan berpedoman pada Tri Dharma Perguruan Tinggi, UKKI Unesa melaksanakan BKM ke-34 di Desa Kepel, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk.

Desa yang terletak di lereng Gunung Wilis ini dipilih karena memiliki potensi, baik dibidang SDA (Sumber Daya Alam) maupun SDM (Sumber Daya Manusia) yang cukup unggul untuk ditingkatkan lebih baik lagi ke depannya.

Sebebarnya tujuan diadakannya BKM ke-34 ini adalah untuk memberdayakan masyarakat di semua lapisan, mulai dari anak-anak hingga lansia, agar lebih produktif dan kreatif dari sebelumnya,” jelas Ketua Umum UKKI Unesa, Imron Zainuddin Lapi.

Sedangkan bagi mahasiswa sendiri kegiatan ini nantinya dapat menyiapkan diri, mental, dan semangat untuk mengaplikasian ilmu pengetahuan ataupun keterampilan yang telah didapat selama di bangku perkuliahan dan organisasi kepada masyarakat sekitar,” lanjutnya.

Dengan mengusung tema ‘Wujud Bakti dan Edukasi dengan Penuh Dedikasi’, kegiatan BKM 34 ini berlangsung pada 14-23 Januari 2023. Sebanyak 121 mahasiswa Unesa mengikuti kegiatan ini dengan antusias.

Dalam kurun waktu hampir 10 hari tersebut, berbagai macam kegiatan dilaksanakan.

Mulai aspek pendidikan terdapat kegiatan bina SD, bina PAUD, bina TPQ / Madin, fun day school, pelatihan pendidikan, seminar motivasi belajar, lomba cerdas cermat tingkat SD, lomba kolase bagi siswa PAUD,  seminar parenting, serta festival anak sholeh, dan pentas seni bagi TK/RA, PAUD-KB, dan SD sedesa Kepel.

Sedangkan pada aspek pengembangan dan pemberdayaan masyarakat terdapat kegiatan seminar pengembangan dan pelatihan produk desa.

Selain itu, terdapat juga penyuluhan kesehatan sekaligus medical check up, sharasehan kepemudaan, bakti sosial, kerja bakti, reboisasi, khataman, pengajian akbar dan masih banyak kegiatan lainnya yang dapat diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat.

Tentunya dalam kegiatan BKM 34 ini mendapat dukungan dan support dari berbagai pihak, mulai dari pemerintah desa, karangtaruna, takmir masjid, dan masyarakat sekitar Desa Kepel.

Penulis: Hafids Haryonno, Mahasiswa BKM ke-34 UKKI Unesa