Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

DPRD Nganjuk Datangi SDN 2 Gebangkerep yang Kerap Dilanda Banjir

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk Raditya Haria Yuangga (baju orange) saat meninjau SDN 2 Gebangkerep yang kerap dilanda banjir, Rabu 8 Maret 2023

Nganjuknews.com – Pihak DPRD Kabupaten Nganjuk mendatangi Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Gebangkerep, Kecamatan Baron, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Rabu 8 Maret 2023.

Kedatangan para wakil rakyat itu untuk mengecek kondisi SDN 2 Gebangkerep yanhg dikabarkan kerap dilanda banjir saat turun hujan.

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Nganjuk, Edy Santoso mengatakan, setelah melihat kondisi SDN 2 Gebangkerep, diketahui bahwa ada beberapa penyebab timbulnya genangan air.

Di antaranya posisi dataran dari SDN 2 Gebangkerep lebih rendah dari jalan raya, dan juga lokasi bersebelahan dengan salah satu pabrik yang posisi datarannya lebih tinggi.

“Makanya ketika turun hujan lebat, maka air akan masuk ke lingkungan SDN 2 Gebangkerep, dan itu diperparah oleh saluran air yang ada endapan, sehingga air tidak lancar menuju ke area pembuangan,” jelas Edy Santoso di SDN 2 Gebangkerep, Rabu 8 Maret 2023.

Untuk mengurasi masalah ini, kata Edy, pihaknya telah bermusyawarah dengan pihak SDN 2 Gebangkerep, dan PT Indo Prima Gemilang selaku pabrik yang bersebelahan dengan sekolah.

Salah satunya dengan meminta bantuan pihak PT Indo Prima Gemilang melalui corporate social responsibility (CSR) perusahaan, untuk menormalisasi saluran air dan menyediakan area pembuangan air di lahan belakang pabrik.

Selanjutnya, ujar Edy, SDN 2 Gebangkerep juga bakal diusulkan untuk dilakukan pembangunan gedung yang lebih tinggi dan representatif, sehingga nantinya terhindar dari air genangan saat turun hujan.

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Nganjuk Edy Santoso

“Kami kira itu yang bisa dilakukan dari terjadinya genangan air di SDN 2 Gebangkerep di saat turun hujan, sehingga mengganggu proses belajar para siswa,” papar Edy.

Kepala SDN 2 Gebangkerep, Endah Wahyuningsih bercerita, pernah suatu hari turun hujan lebat. Hal itu membuat sekolah yang dipimpinnya kebanjiran. Ia pun terpaksa menghentikan kegiatan belajar, karena air sampai masuk ruangan.

Pascahujan reda, Endah bersama parea guru dan para siswa pun bersama-sama membersihkan ruangan kelas masing-masing.

“Kondisi itu yang membuat kami prihatin juga, dan tidak bisa berbuat banyak selain menghentikan proses belajar, dan mengajak siswa kerja bakti membersihkan kelas,” tutur Endah.

Endah pun berterima kasih kepad pihak DPRD Kabupaten Nganjuk yang menyempatkan diri datang melihat langsung kondisi sekolahnya, yang bila turun hujan kerap dilanda banjir itu.

“Kami mengapresiasi dan berterima kasih kepada bapak DPRD Nganjuk yang memperhatikan kondisi SDN 2 Gebangkerep ini, dan kami berharap gedung SDN 2 Gebangkerep ini bisa direnovasi, sehingga menjadi layak untuk kegiatan belajar para siswa,” pungkasnya.

Untuk diketahui, dalam kunjungan itu Edy tak sendiri. Ia bersama Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk Raditya Haria Yuangga.