Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Plt Bupati Nganjuk Serahkan KTP-el dan KIA Hasil Inovasi ‘Jebol Gawang’ di SMADA Nganjuk

Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi (tengah) foto bersama usai kegiatan Sosialisasi Layanan Adminduk, Penyerahan KTP-El dan KIA di SMADA Nganjuk, Jumat 10 Maret 2023

Nganjuknews.com – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, secara simbolis menyerahkan ratusan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) dan Kartu Identitas Anak (KIA) di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 (SMADA) Nganjuk, Jumat 10 Maret 2023.

Ratusan KTP-el dan KIA tersebut diserahkan kepada sekolah-sekolah yang sudah terlayani program Jemput Bola Gawek’ne Administrasi Kependudukan Warga Nganjuk (Jebol Gawang).

Jebol Gawang sendiri merupakan layanan pembuatan KTP-el baru dan penerapan Identitas Kependudukan Digital (IKD). Program ini merupakan inovasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Nganjuk.

Dalam kegiatan di SMADA Nganjuk, sebanyak 483 KTP-el dan 1.029 KIA distribusikan ke sekolah-sekolah.

Kang Marhaen, sapaan akrab Marhaen Djumadi menjelaskan, program Jebol Gawang ini merupakan upaya Pemkab Nganjuk untuk lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, terutama dalam hal administrasi kependudukan.

Sasaran program ini yakni sekolah-sekolah, pondok pesantren, desa-desa, dan instansi di wilayah Kabupaten Nganjuk.

“Hasil capaian inovasi Jebol Gawang hingga hari ini juga langsung kita distribusikan melalui kepala sekolah. Layanan kependudukan dengan sisten jemput bola seperti ini akan terus kita maksimalkan,” ujar Kang Marhaen.

Adapun program Jebol Gawang ini, lanjut Kang Marhaen, dimaksudkan untuk mempercepat migrasi IKD dari para penduduk yang telah melakukan perekaman KTP-el.

Terlebih, pemerintah pusat saat ini telah menargetkan 25 persen atau 50 juta penduduk Indonesia memiliki KTP-el atau IKD.

Sementara berdasarkan pengamatan Nganjuknews.com, dalam kegiatan tersebut Kang Marhaen turut menyempatkan diri berdialog dengan siswa-siswi SMADA Nganjuk.

“Selain memotivasi mereka dalam meraih cita, kami juga mendorong para siswa ini untuk bisa menggunakan IKD atau KTP digital,” pungkas Kang Marhaen.