Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bupati Nganjuk Buka Bimtek E-Katalog Lokal Konstruksi, Tekankan Bangga Produk Lokal dan Kedepankan Mutu

Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi memberikan arahan dalam kegiatan bimbingan teknis ‘e-katalog lokal konstruksi’ di Ruang Rapat Anjuk Ladang, Rabu 3 Mei 2023

Nganjuknews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk melalui Bidang Pengadaan Barang dan Jasa menyosialiasikan dan memberi bimbingan teknis ‘e-katalog lokal konstruksi’ di Ruang Rapat Anjuk Ladang, Rabu 3 Mei 2023.

Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, itu dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Judi Ernanto, Biro Jasa Pengadaan Barang dan Jasa Provinsi Jawa Timur Ardi Kasmono.

Selanjutnya, kegiatan ini juga dihadiri oleh segenap pejabat Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) se-Kabupaten Nganjuk.

Dalam sambutannya, bupati yang akrab disapa warganya dengan nama Kang Marhaen ini menyampaikan bahwa perekonomian di Kabupaten Nganjuk harus digulirkan, dengan catatan orang Nganjuk sebagai subjeknya.

“Ekonomi Nganjuk harus kita gulirkan, dengan orang Nganjuk sebagai subjeknya,” ucap Kang Marhaen, Rabu 3 Mei 2023.

“Memang komitmen kami APBD untuk rakyat, maka ada peralihan beberapa jenis pengadaan barang dan jasa yang mungkin dengan cara yang dulu PL atau lelang, sekarang diarahkan ke e-katalog,” lanjut dia.

Selanjutnya, Kang Marhaen menegaskan kepada para penyedia barang dan jasa bahwa keberadaan e-katalog Lokal harus mengangkat produk asli Nganjuk.

Sebaliknya, bagi para PPTK dan PPK diarahkan untuk membeli produk asli Nganjuk, sebagai wujud bangga produk buatan Nganjuk.

“Di dalam e-katalog lokal ini jangan sampai menyalahi peraturan perundang-undangan. Maka harus bangga produk Nganjuk, jangan sampai orang Nganjuk tapi produksinya bukan dari Nganjuk,” papar Kang Marhaen.

Menurut Kang Marhaen, poin inilah yang terpenting penting dalam pembahasan bimtek e-Katalog lokalm, khususnya pada bidang konstruksi.

“Inilah yang harus kita sadari bersama, maka misalnya PPKOM (PPK) dan juga adminnya tidak sekedar nge-klik saja. Maka di administrasi harus paham betul konstruksi hukum, harus jelas administrasinya, termasuk kronologisnya juga harus jelas,” tuturnya.

“(Jadi) jangan milih harga yang murah saja, tapi juga memperhatikan kualitasnya. Nganjuk harus kita bangun kualitasnya. Ayo kita bangun budaya mutu dan pro produk lokal Nganjuk,” pesan politikus PDI Perjuangan itu.