Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Puluhan Ibu-ibu Desa Wengkal Rejoso Ikuti Pelatihan Memasak Gratis dari Disnaker Nganjuk

Kegiatan pelatihan memasak gelombang I di Balai Desa Wengkal, Kecamatan Rejoso, Kamis 22 Juni 2023

Nganjuknews.com – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, tak henti-hentinya menggelar kegiatan pelatihan bagi masyarakat.

Kali ini, Disnaker Kabupaten Nganjuk menggelar pelatihan memasak gelombang I di Balai Desa Wengkal, Kecamatan Rejoso, Kamis 22 Juni 2023.

Ada 20 peserta yang mengikuti program ini. Adapun kegiatan pelatihan ini bersumber dari anggaran Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2023.

Kepala Disnaker Kabupaten Nganjuk, Supiyanto menjelaskan, pelatihan memasak ini bertujuan untuk menciptakan wirausaha baru yang tangguh, berdaya saing, dan mandiri.

Selain itu juga untuk memperluas kesempatan kerja.

“Kita memberikan pelatihan ini sebagai bekal masyarakat untuk mengembangkan diri dalam meningkatkan perekonomian mereka,” jelas ujar Supiyanto, Kamis 22 Juni 2023.

Supiyanto melanjutkan, dalam pelatihan ini warga tidak hanya diajarkan cara memasak, tetapi juga diajarkan proses pemilihan bahan hingga mempelajari mengenai cara penjualannya.

“Pelatihan ini bukan hanya diajarkan cara masak saja, tapi juga kita bantu sampai tahap cara penjualannya," ungkapnya.

Lebih lanjut, Supiyanto berharap dengan adanya pelatihan tersebut dapat meningkatkan perekonomian keluarga para peserta.

“Semoga masyarakat Kabupaten Nganjuk, khususnya warga yang mengikuti pelatihan ini, bisa menciptakan pertumbuhan ekonomi baru," harapannya.

Sementara itu, Kepala Bagian SDM Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Nganjuk, Muji Subagyo, turut mengapresiasi kegiatan pelatihan ini.

Menurut Muji, pelatihan ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah dalam menumbuhkan ekonomi kerakyatan.

Kemudian juga untuk memperluas kesempatan kerja, sebagai upaya mengurangi angka pengangguran terbuka di Kabupaten Nganjuk.

"Semoga peserta bisa mengikuti pelatihan ini dengan baik, dan ilmu yang didapat bisa diterapkan untuk membuka usaha dilingkungannya," pungkas Muji.

Sebagai informasi, pelatihan memasak ini berlangsung selama delapan hari.

Selama pelatihan, peserta juga dipandu oleh instruktur handal dari pelaku UMKM binaan Disnaker Kabupaten Nganjuk.