Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Momen Haru! Puluhan Kakek dan Nenek Diwisuda Langsung oleh Bupati Nganjuk

Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi saat mewisuda para lansia di Balai Desa Jatirejo Nganjuk, Kamis 22 Juni 2023

Nganjuknews.com – Puluhan kakek dan nenek di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, diwisuda secara langsung oleh Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi.

Prosesi wisuda para lansia itu berlangsung di Balai Kelurahan Jatirejo, Kecamatan Nganjuk, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Kamis 22 Juni 2023.

Sebanyak 45 lansia tersebut diwisuda pada Sekolah Lansia Tangguh Strata Satu Bina Keluarga Lansia “Bina Lansia”.

Program Sekolah Lansia Tangguh di Nganjuk ini merupakan hasil kolaborasi Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) dan Dinas Kesehatan setempat.

Kang Marhaen, sapaan akrab Marhaen Djumadi menuturkan, para kakek dan nenek yang diwisuda kali ini merupakan bagian dari wujud apresiasi pemerintah.

“Ini wujud apresiasi dari pemerintah. Bahwa usaha keras kita semua untuk mewujudkan para lansia yang senantiasa sehat, aktif, dan produktif,” ujarnya.

“Ini juga sebagai momentum apresisasi untuk pemerintah desa dan kelurahan yang menyelenggarakan sekolah lansia,” lanjut politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu.

Sekolah Lansia Tangguh ini sejatinya merupakan program Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), dan merupakan pengembangan Bina Keluarga Lansia (BKL).

Dengan panjangnya usia harapan hidup penduduk Indonesia, maka diharapkan akan terwujud lansia tangguh dan sehat, aktif, produktif, serta bahagia selamanya.

Selain itu, para lansia juga diharapkan bisa mandiri dan tidak tergantung, bisa menjadi warga masyarakat yang bermanfaat dan menularkan ilmu serta pengalamannya di lingkungan sekitar.

Tak hanya mewisuda puluhan lansia, dalam kesempatan itu Kang Marhaen turut melaunching Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH), yang bertujuan membangun pemahaman parenting, pola asuh, dan menciptakan generasi unggul mulai di tataran keluarga.

SOTH ini merupakan terobosan untuk dapat meningkatkan kemampuan orang tua dalam mengasuh anak, terutama balita.