Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beri Keterampilan Bagi Pencari Kerja, Disnaker Gelar Pelatihan Menjahit Gratis Manfaatkan DBHCHT di Sambiroto

Pembukaan kegiatan pelatihan menjahit gelombang IV di Desa Sambiroto, Kecamatan Baron, Kamis 13 Juli 2023

Nganjuknews.com – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, kembali mengadakan pelatihan keterampilan bagi pencari kerja.

Kali ini, Disnaker Kabupaten Nganjuk menggelar kegiatan pelatihan menjahit gelombang IV di Desa Sambiroto, Kecamatan Baron, Kamis 13 Juli 2023.

Peserta pelatihan menjahit ini tak dipungut biaya sepeserpun, alias gratis. Adapun kegiatan ini didanai Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun anggaran 2023.

Kepala Disnaker Kabupaten Nganjuk, Supiyanto menjelaskan, kegiatan pelatihan menjahit di Sambiroto ini diikuti sebanyak 20 ibu rumah tangga atau emak-emak setempat.

“Di Sambiroto pelatihan menjahit diikuti 20 peserta,” jelas Supiyanto kepada wartawan di Nganjuk, Kamis 13 Juli 2023.

Kegiatan pelatihan menjahit di Sambiroto ini bukanlah satu-satunya program yang dilangsungkan pihak Disnaker Kabupaten Nganjuk.

Hari ini, Kamis 13 Juli 2023, pihak Disnaker Kabupaten Nganjuk juga melangsungkan kegiatan serupa di Desa Macanan, Kecamatan Loceret.

Supiyanto menjelaskan, kegiatan pelatihan menjahit di Sambiroto maupun di Macanan tak lain untuk memberikan kesepatan kerja bagi segenap masyarakat.

Sebab, kata Supiyanto, junlah jumlah pengangguran terbuka di Kabupaten Nganjuk cukup banyak, sehingga diperlukan upaya jitu untuk menanggulangi masalah ini.

“Sehingga kita perlu membekali kepada warga masyarakat dengan keterampilan, sehingga dengan keterampilannya insyaallah mereka bisa membuka kesempatan atau perluasan kesempatan kerja,” paparnya.

Untuk membekali keterampilan segenap warga, tutur Supiyanto, pihak Disnaker Kabupaten Nganjuk mengadakan berbagai kegiatan pelatihan.

Selain kegiatan pelatihan menjahit di Sambiroto dan Macanan, Disnaker Kabupaten Nganjuk juga telah mengadakan pelatihan memasak, barbershop, dan perbengkelan di sejumlah tempat.

“Pelatihan yang ada itu selain menjahit ada memasak, barbershop, terus juga ada bengkel sepeda motor atau service sepeda motor, ini yang sedang kita laksanakan,” pungkas Supiyanto.