Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Satpol PP Nganjuk Adakan Kegiatan Penguatan dan Peningkatan Kapasitas Anggota Satlinmas di Sukomoro

Kegiatan penguatan dan peningkatan kapasitas anggota Satlinmas di Pendopo Kecamatan Sukomoro, Kamis 13 Juli 2023

Nganjuknews.com – Satpol PP Kabupaten Nganjuk melakukan kegiatan penguatan dan peningkatan kapasitas anggota Satlinmas di Pendopo Kecamatan Sukomoro, Kamis 13 Juli 2023.

Kasatpol PP Nganjuk, Suharono menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas SDM Linmas, dan untuk menjaga ketentraman dan ketertiban umum dalam rangka penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada 2024.

"Sebentar lagi kita akan mengadakan Pemilu dan Pilkada 2024, saya berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan untuk menjadi Linmas yang bertanggung jawab," harap Suharono.

Suharono menuturkan, Satlinmas merupakan satuan terkecil pemerintahan desa dalam membantu memelihara keamanan, ketentraman, dan ketertiban masyarakat di wilayah desa.

“Dengan peningkatan kemampuan dan kapasitas ini, saya berharap Satlinmas Kecamatan Sukomoro dapat lebih membantu memelihara keamanan, ketentraman, dan ketertiban masyarakat di wilayah Kecamatan Sukomoro," paparnya.

Selanjutnya, Suharono menerangkan bahwa pemeliharaan keamanan, ketentraman, dan ketertiban masyarakat di wilayah desa merupakan tanggung jawab bersama.

“Satlinmas menjadi pendukung utama pihak kepolisian atau menjadi garda terdepan dalam tata kehidupan masyarakat secara umum, baik di perdesaan maupun di perkotaan," ucapnya.

Adapun beberapa fungsi Satlinmas di antaranya membantu memelihara dan meningkatan kondisi serta tata tertib di kalangan masyarakat.

Lalu membantu masyarakat menanggulangi dan mengurangi akibat yang ditimbulkan oleh gangguan keamanan dan bencana alam yang dapat mengakibatkan kerugian jiwa.

Selesai Suharono memberikan sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi dari Kecamatan Sukomoro, KPU Kabupaten Nganjuk, Polri, dan TNI.