Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buka Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 6 Nganjuk, Begini Arahan Kang Marhaen

Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi memberikan arahan dalam kegiatan Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar jenjang SMP di Aula SMP Negeri 6 Nganjuk, Selasa 4 Juli 2023

Nganjuknews.com – Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, membuka kegiatan Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Aula SMP Negeri 6 Nganjuk, Selasa 4 Juli 2023.

Bimtek tersebut diinisiasi oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk.

Dalam kesempatan itu, Kang Marhaen sapaan akrab Marhaen Djumadi, memberikan pembekalan kepada guru jenjang SMP tentang pentingnya memahami karakter anak. Sebab, pada dasarnya setiap anak unik dan cerdas.

“Untuk itu jangan membanding-bandingkan anak kita dengan kakak dan adik-adiknya, atau bahkan dengan teman-temannya,” ujar Kang Marhaen.

Menurut Kang Marhaen, di dunia pendidikan yang paling utama adalah membangun pendidikan karakter. Di mana sikap, perilaku, dan atitude yang baik inilah yang perlu dikedepankan.

Terkait pelajaran dan keterampilan di sekolah, kata Kang Marhaen, itu hal lain. Adapun yang paling mendasar ialah bagaimana membangun sikap terhadap anak agar muncul jiwa tangguh.

Sementara untuk mewujudkan hal itu, menurut Kang Marhaen salah satunya merupakan tugas seorang guru. Caranya guru harus memotivasi anak didiknya agar memiliki karakter dan attitude yang baik.

Untuk itu, Kang Marhaen berharap para tenaga pendidik di Kota Bayu senantiasa meningkatkan sumber daya di tengah modernisasi, yang menuntut tenaga pendidik mampu beradaptasi dengan situasi dan kondisi.

Oleh karena itu, Kang Marhaen berpesan kepada para peserta yang mengikuti bimtek serius, agar bisa mengimplementasi program merdeka belajar di tempat mengabdi masing-masing.

“Saya berharap peserta yang terdiri dari para tenaga pendidik dapat mengikuti bimbingan ini dengan baik, agar ilmu yang didapat bisa diimplementasikan di tempat mengabdi masing-masing,” tandasnya.

Berdasarkan informasi yang diterima Nganjuknews.com, bimtek ini dilaksanakan selama empat hari, mulai tanggal 4 hingga 7 Juli 2023 di SMPN 6 Nganjuk.

Peserta bimtek berasal dari guru mata pelajaran masing-masing 1 orang yang berasal dari 54 SMP Negeri dan 37 SMP Swasta yang masih menggunakan kurikulum mandiri berubah.

Tercatat total peserta ada sebanyak 540 guru, dengan narasumber bimtek berasal dari pengawas SMP, Guru penggerak dari SMP, SMA, dan SMK di Kabupaten Nganjuk.