Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Puluhan Emak-emak di Macanan Ikuti Pelatihan Menjahit yang Digelar Disnaker Nganjuk

Kepala Disnaker Kabupaten Nganjuk, Supiyanto, memberikan sambutan dalam kegiatan pelatihan menjahit di Balai Desa Macanan, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk, Kamis 13 Juli 2023

Nganjuknews.com – Sebanyak 20 ibu rumah tangga di Desa Macanan, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, mengikuti pelatihan menjahit di balai desa setempat, Kamis 13 Juli 2023.

Pelatihan menjahit ini diadakan oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Nganjuk, dengan memanfaatkan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun anggaran 2023.

Kepala Disnaker Kabupaten Nganjuk, Supiyanto menjelaskan, pelatihan menjahit ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kerja kepada masyarakat, dalam hal ini ibu-ibu rumah tangga di Macanan.

“Jadi mengatasi pengangguran bagi warga masyarakat yang usia produktif, tetapi dia itu sebagai ibu rumah tangga yang ada di rumah-rumah Desa Macanan ini,” jelas Supiyanto kepada wartawan di Nganjuk.

Supiyanto menuturkan, sebanyak 20 ibu rumah tangga tersebut bakal mengikuti pelatihan menjahit selama 10 hari, dimulai hari ini Kamis 13 Juli 2023.

Selain untuk memerangi pengangguran terbuka, lanjut Supiyanto, pelatihan menjahit ini juga bertujuan untuk memberikan keterampilan atau soft skill kepada kalangan emak-emak di Kota Bayu, nama lain Nganjuk.

“Sehingga dengan keterampilannya insyaallah mereka bisa membuka kesempatan atau perluasan kesempatan kerja,” harapnya.

Dalam kesempatan itu, Supiyanto juga menyinggung banyaknya pengangguran terbuka di Kabupaten Nganjuk.

Menurut Supiyanto, jumlah pengangguran terbuka di Kota Bayu pada tahun 2023 ini mencapai 33.000 orang.

“Sekarag ini (pengangguran terbuka di Nganjuk) kalau ditambah dengan angka lulusan yang tahun 2023, sekarang sudah berkisar 33.000 sekian, kemarin itu di 2022 itu 24.000, kenaikannya ya hampir 30 persen,” ungkapnya.

“Makanya ini ada pelatihan dari Disnaker, satu pelatihan dalam rangka perluasan kesempatan kerja yang diberikan kepada masyarakat, yang kedua itu pelatihan yang berbasis kompetensi sesuai kebutuhan yang ada di perusahaan,” sambungnya.

Pihak Disnaker Kabupaten Nganjuk belakangan ini memang tengah gencar mengadakan pelatihan kepada masyarakat. Seperti hari ini mengadakan pelatihan menjahit di Desa Macanan dan Sambiroto.

Sebelumnya, Disnaker Kabupaten Nganjuk juga mengadakan pelatihan memasak di Desa Bareng, Kecamatan Sawahan.

Lalu mereka juga mengadakan pelatihan barbershop dan perbengkelan di sejumlah tempat di Kabupaten Nganjuk.