Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi Dorong Petani Bentuk Koperasi

Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, dalam kegiatan panen raya bawang merah di Desa Kedungdowo, Jumat (18/08/2023) sore

Nganjuknews.com – Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, mendorong agar petani bawang merah di Desa Kedungdowo, Kecamatan Nganjuk, Kabupaten Nganjuk, membentuk koperasi untuk meningkatkan mutu pertaniannya.

Hal itu disampaikan Kang Marhaen, sapaan akrab Marhaen Djumadi, saat menghadiri panen raya bawang merah di Desa Kedungdowo, Jumat (18/08/2023) sore.

"Jadi peran koperasi ini bisa dimanfaatkan petani dalam masa panen raya. Misal harganya turun, bawang merah bisa ditimbun. Terlebih apabila membutuhkan modal, mereka juga bisa pinjam di koperasi tersebut," ujar Kang Marhaen.

Bupati yang khas dengan Udeng Anjuk Ladang-nya itu menegaskan bahwa pertanian merupakan salah satu sektor unggulan yang tengah digarap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk.

"Karena perlu diketahui, sektor pertanian menjadi penyumbang terbesar PDRB Kabupaten Nganjuk. Oleh karena itu, dengan panen raya ini bisa meningkatkan kesejahteraan para petani di Kabupaten Nganjuk, khsusunya di Kedungdowo ini," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kedungdowo, Prapto, menyampaikan banyak terima kasih atas kehadiran Kang Marhaen dalam kegiatan panen raya bawang merah di desanya.

"Kita ucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati, karena telah bersedia hadir memeriahkan acara panen raya ini," ucap Prapto.

Selanjutnya, Prapto menjelaskan bahwa usaha penanaman bawang merah di Kedungdowo ini bertujuan untuk memproduksi bibit bawang merah yang unggul dan berkualitas, bukan untuk bawang merah konsumsi.

"Sebagaimana kita tahu, bahwa kita menanam tanaman bawang merah ini untuk membranding bibit bawang merah yang unggul dan berkualitas. Dengan harapan dapat meningkatkan kesejahteraan para petani kita," tandasnya.