Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kang Marhaen Hadiri Bersih Desa Jatirejo, Ingatkan Warga untuk Eling lan Waspada

Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, saat menghadiri prosesi bersih desa atau nyadran di Punden Desa Jatirejo, Kecamatan Loceret, Jumat 4 Agustus 2023

Nganjuknews.com – Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, menghadiri acara suroan dan bersih desa atau nyadran di Punden Desa Jatirejo, Kecamatan Loceret, Jumat 4 Agustus 2023.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT, dan sebagai sarana melestarikan budaya-tradisi, serta untuk mengenang jasa para leluhur.

Selain itu, bersih desa ini dimaksudkan agar mendapatkan berkah, dan menangkal datangnya marabahaya.

"Sepanjang bulan Suro masyarakat Jawa meyakini untuk terus bersikap eling (ingat) dan waspada,” ujar Kang Marhaen, sapaan karib Marhaen Djumadi, Jumat 4 Agustus 2023.

Eling di sini memiliki arti manusia harus tetap ingat siapa dirinya dan di mana kedudukannya sebagai ciptaan Tuhan. Sementara waspada berarti manusia juga harus terjaga dan waspada dari godaan yang menyesatkan,” lanjutnya.

Menurut Kang Marhaen, kegiatan nyadran atau bersih desa ini sangatlah penting. Sebab, ajang ini merupakan sarana dan wujud syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang diberikan.

Dalam kesempatan itu, Kang Marhaen mengimbau agar momen suroan dapat dimanfaatkan untuk kegiatan bersih-bersih, baik di lingkungan rumah, desa, kecamatan, hingga kabupaten.

“Semoga masyarakat Desa Jatirejo selalu kompak, guyup rukun. Mari terus dijaga kekompakannya dan mudah-mudahan diberi kesehatan. Karena dengan kekompakan dan kesolidan masyarakat Desa Jatirejo, maka semua permasalahan bisa diselesaikan,” tuturnya.

Selanjutnya, Kang Marhaen berharap segenap warga Desa Jatirejo dapat melestarikan budaya Jawa, yang sekarang sudah mulai tergerus perkembangan zaman.