Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemkab Nganjuk Targetkan SAKIP Predikat BB

Rapat tindak lanjut dan persiapan evaluasi SAKIP Pemkab Nganjuk tahun 2023 di Ruang Rapat Anjuk Ladang Pemkab Nganjuk, Rabu 27 September 2023

Nganjuknews.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nganjuk, Nur Solekan, memimpin rapat tindak lanjut dan persiapan evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk tahun 2023.

Rapat tersebut berlangsung di Ruang Rapat Anjuk Ladang Pemkab Nganjuk, Rabu 27 September 2023.

Dalam kesempatan itu, Solekan menuturkan bahwa penilaian SAKIP mempunyai peran yang sangat strategis dalam upaya peningkatan penyelenggaraan pemerintahan.

Di antaranya sebagai alat untuk memperbaiki kebijakan, serta mendorong instansi pemerintah untuk melakukan inovasi dalam mendesain program dan kegiatan sesuai sasaran.

“Kita targetkan Kabupaten Nganjuk naik level grade SAKIP-nya BB atau sangat baik,” kata dia.

Untuk itu, Solekan mengimbau Kepala Organisasi Perangkat Daerah di Pemkab Nganjuk untuk memperkuat penajaman pohon kinerja, cassading, dan cross cutting di masing-masing unit kerjanya.

Pohon kinerja yang dimaksud Solekan meliputi kinerja dan indikator kinerja. Keduanya, kata Solekan, harus lebih terperinci sesuai dengan yang diperlukan organisasi untuk menghasilkan outcome yang diinginkan.

“Sesuai dengan tematik pengentasan kemiskinan ada empat bidang, bidang kesehatan, pendidikan, infrastruktur, dan pertanian,” bebernya.

“(Lalu) sinergi atau kolaborasi antarperangkat daerah (cross cutting program) harus dilakukan, agar semua program tematik bisa terealisasikan,” lanjut Solekan.

Berikutnya, tutur Solekan, seluruh perangkat daerah diharapkan untuk menyempurnakan kembali cascading dan cross cutting program. Hal tersebut dikarenakan perencanaan yang terintegrasi berarti juga merencanakan penganggaran yang terintegrasi.

“Semoga langkah kita bersama ini akan dapat berjalan dengan maksimal sesuai dengan program dan visi misi menyelenggarakan sistem pemerintahan birokrasi yang akuntabilitas,” pungkasnya.