Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alhamdulillah! 19.309 Keluarga Penerima Manfaat di Nganjuk Dapat Bantuan Beras dari Pemerintah, Lainnya Menyusul

Salah satu warga membawa beras dari Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang dibagikan Pemkab Nganjuk, Rabu 4 Oktober 2023

Nganjuknews.com – Penyaluran Cadangan Beras Pemerintah (CBP) tahap kedua dari Badan Pangan Nasional kembali diadakan di Kabupaten Nganjuk. Kali ini penyaluran CBP dilakukan di Kecamatan Tanjunganom dan Prambon, Rabu 4 Oktober 2023.

Penyaluran CBP tersebut dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (KPP), bersama Perum Bulog Kantor Cabang Kediri.

Total penerima CBP di Kabupaten Nganjuk yakni sebanyak 124.091 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang disalurkan secara bertahap.

Adapun pada penyaluran CBP tahap kedua ini secara simbolis dilaksanakan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nganjuk, Nur Solekan, di Kantor Desa Getas, Kecamatan Tanjunganom.

Solekan menjelaskan bahwa penyaluran bantuan pangan nasional tahap kedua ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah dalam menanggulangi dan mengendalikan inflasi.

"Di Kabupaten Nganjuk total ada 124.091 KPM yang menerima bantuan berupa beras 10 kilogram tersebut, dengan alokasi 1.240 ton bantuan beras yang disampaikan dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah untuk disalurkan ke masyarakat Kabupaten Nganjuk," jelasnya.

Pria yang juga menjabat Ketua Satgas Pangan Kabupaten Nganjuk itu menjelaskan bahwa penyaluran CBP tahap kedua ini menyasar 19.309 KPM, dengan rincian di Kecamatan Tanjunganom 9.868 KPM, dan di Kecamatan Prambon 9.441 KPM.

Menurut Solekan, kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya dalam mengintegrasikan pemerintah daerah dengan pusat dalam menanggulangi inflasi daerah.

"Hal ini menjadi salah satu fokus utama kita, sesuai arahan dari Bapak Presiden Republik Indonesia dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, menanggulangi kemiskinan, dan pengendalian inflasi daerah," tuturnya.

Selanjutnya, Solekan menegaskan bahwa inflasi Kabupaten Nganjuk tidak akan melampaui inflasi nasional, karena sebentar lagi di wilayah Nganjuk akan memasuki musim panen raya padi.

"Jadi, masyarakat tak perlu khawatir," imbaunya.