Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pj Bupati Nganjuk Sri Handoko Taruna Pimpin Apel Gelar Pasukan dan Perlengkapan Kesiapsiagaan Bencana

Pj Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna, saat mengecek pasukan dalam kegiatan apel gelar pasukan dan perlengkapan kesiapsiagaan bencana tahun 2023 di Jalan Ahmad Yani, timur Taman Nyawiji Nganjuk, Rabu 22 November 2023

Nganjuknews.com – Pj Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna, memimpin langsung apel gelar pasukan dan perlengkapan kesiapsiagaan bencana tahun 2023 di Jalan Ahmad Yani, timur Taman Nyawiji Nganjuk, Rabu 22 November 2023.

Apel gelar pasukan dan perlengkapan kesiapsiagaan bencana tahun 2023 ini merupakan bagian dari antisipasi atas potensi bencana alam di wilayah Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Selain itu, apel ini bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat saat terjadi bencana, dan pascaterjadinya bencana.

Kemudian juga sebagai bagian dari mitigasi bencana, termasuk memastikan kesiapan personel dalam menghadapi ancaman bencana atau pra kejadian.

Berdasarkan informasi yang diterima Nganjuknews.com, apel gelar pasukan dan perlengkapan kesiapsiagaan bencana tahun 2023 ini diikuti sebanyak 500 personel gabungan dari TNI-Polri, BPBD, Kwarcab Nganjuk, dan elemen lainnya.

Dalam amanatnya, Pj Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna, menerangkan bahwa urusan kebencanaan merupakan tugas dan tanggung jawab bersama tanpa terkecuali.

Konsep pentahelix, kata Sri Handoko, merupakan kunci utama kesuksesan dalam menghadapai ancaman bencana. Di mana sinergi antarunsur satu dengan unsur lainnya sangat dibutuhkan.

“Unsur pentahelix ini meliputi pemerintah, akademisi, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, dan komunitas,” jelas Sri Handoko, Rabu 22 November 2023.

“Kelima unsur tersebut harus bersinergi dalam mengahadapi ancaman bencana, serta memulihkan diri dengan segera dari dampak bencana yang merugikan,” lanjut dia.

Dalam kesempatan itu, Sri Handoko juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam penangulangan bencana di Kabupaten Nganjuk.

Sebagai bentuk apresiasi dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk, dalam apel ini turut diberikan penghargaan kepada instansi dan stakeholder terkait.

“Semoga ini menjadi amal dharma bakti kita bersama,” ujar Sri Handoko.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Nganjuk, Abdul Wakid mengatakan, Pemkab Nganjuk telah siap siaga dalam menghadapi ancaman bencana pada akhir tahun 2023 dan awal tahun 2024.

“Pemkab Nganjuk bersama stakeholder terkait siap hadir di tengah-tengah masyarakat, dalam penanggulangan bencana,” tegas Wakid.