Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pj Bupati Nganjuk Sri Handoko Taruna Kukuhkan 2.000 Satlinmas, Komitmen Sukseskan Pemilu 2024

Pj Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna, saat menyempakan pin kepada perwakilan Satlinmas dalam Apel Gelar Pasukan di Stadion Kecamatan Berbek, Rabu 6 Desemer 2023

Nganjuknews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk, Jawa Timur, siap menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024.

Komitmen Pemkab Nganjuk terlihat dengan dikukuhkannya 2.000 personel Satuan Pelindung Masyarakat (Satlinmas) di Kota Bayu, nama lain Nganjuk.

Pengukuhan tersebut ditandai dengan peninjauan kesiapan pasukan dan penyematan pin oleh Penjabat (Pj) Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna, kepada perwakilan Satlinmas dalam Apel Gelar Pasukan di Stadion Kecamatan Berbek, Rabu 6 Desemer 2023.

"Kami ucapkan banyak terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada anggota Satlinmas, atas pengabdiannya dalam mengemban tugas dan fungsinya membantu penanganan ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat," tutur Sri Handoko.

Menurut Sri Handoko, merujuk Peraturan Menteri Dalam Negeri No 26 tahun 2023 ada tugas yang tak kalah penting dari Satlinmas, yakni pengamanan Pemilu serentak tahun 2024.

"Karena perlu diketahui, Satlinmas sebagai garda terdepan dalam pengamanan Pemilu dan nantinya akan disebar di seluruh TPS yang ada di Kabupaten Nganjuk. Harapannya Satlinmas yang kita siapkan ini dapat berkontribusi pada suksesnya Pemilu serentak tahun 2024," paparnya.

Lebih lanjut, Sri Handoko menegaskan bahwa dalam pengukuhan ini menjadi momen bangkitnya kembali Satlinmas dalam mewujudkan peran, tugas, dan fungsi sebagai satuan yang mampu dan tangguh dalam melindungi masyarakat.

"Ini sesuai lima poin penting peran Satlinmas, yakni menciptakan situasi di masyarakat yang tentram, tanggap dalam menghadapi setiap situasi yang terjadi, membangun budaya gotong royong guna meningkatkan persatuan dan kesatuan, berdiri tegak dengan aturan dan kewenangan yang dimiliki, serta bersama-sama sukseskan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 di Kabupaten Nganjuk," pungkasnya.

Sekadar diketahui, apel gelar tersebut turut dihadiri Jajaran Forkopimda Kabupaten Nganjuk, segenap Kepala OPD, Camat, TNI - Polri, Kepala Desa,dan anggota Satlinmas.

Adapun jumlah seluruh anggota Satlinmas di Kabupaten Nganjuk saat ini ada sebanyak 9595 orang.