Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pj Bupati Nganjuk Sri Handoko Taruna Apresiasi Camat dan Kades yang Sukses Capai Target Gertak Tunduk

Pj Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna (tengah), bersama para camat dan kades penerima piagam penghargaan atas capaian pelayanan Gertak Tunduk di masing-masing instansi, Selasa 5 November 2023

Nganjuknews.com – Penjabat (Pj) Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna, mengapresiasi seluruh perangkat pemerintahan yang turut menyukseskan Gerakan Serentak Tuntaskan Administrasi Kependudukan (Gertak Tunduk) warga Nganjuk.

Sejak diluncukan pada 20 November hingga 5 Desember 2023, layanan Gertak Tunduk telah dilaksanakan oleh pemerintah daerah baik dari tingkat kabupaten, kecamatan, hingga desa secara serentak.

Gertak Tunduk sendiri merupakan program pelayanan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) dan Pelayanan Adminduk. Layanan ini dijalankan di masing-masing tingkatan pemerintahan.

Nah, sebagai wujud apresiasi, Pj Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna, menyerahkan piagam penghargaan kepada camat dan desa teraktif dalam capaian pelayanan Gertak Tunduk di masing-masing wilayah.

Prosesi penyerahan piagam penghargaan tersebut berlangsung di Ruang Rapat Candi Lor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk, Selasa 5 November 2023.

Penghargaan ini diberikan Sri Handoko mengacu pada hasil evaluasi Tim Pelaksana Gertak Tunduk Kabupaten pada periode Minggu pertama.

Lalu juga berdasar pada hasil evaluasi periode Minggu kedua dari tanggal 19 November hingga 3 Desember 2023.

Untuk hasil evaluasi pada Minggu pertama, kategori kecamatan teraktif terpilih Kecamatan Lengkong, Kecamatan Ngluyu, dan Kecamatan Nganjuk.

Selanjutnya Kecamatan teraktif pada Minggu kedua yakni Kecamatan Gondang, Kecamatan Jatikalen, dan Kecamatan Baron.

Kemudian untuk desa teraktif pada Minggu pertama terpilih Desa Mojoseto (Kecamatan Gondang), Desa Gondang Kulon (Kecamatan Gondang), dan Desa Jambi (Kecamatan Baron).

Sementara untuk desa teraktif pada Minggu kedua antara lain Desa Kedungmlaten (Kecamatan Lengkong), Desa Munung (Kecamatan Jatikalen), dan Desa Setren (Kecamatan Rejoso).

“Selamat kepada pak camat dan desa yang telah aktif mendukung dan melayani masyarakat Nganjuk dalam pelayanan administrasi kependudukan ini. Semangat!,” seru Sri Handoko.

“Target kita untuk Minggu depan (Minggu ketiga) kurang lebih 75 persen, yang sudah bergerak cepat semoga juga diikuti oleh yang lainnya,” lanjutnya.

Ketua Tim Pelaksana Pemutakhiran Data Kependudukan Berbasis Desa dan Kelurahan, Slamet Basuki mengatakan, merujuk hasil evaluasi pada minggu kedua mulai ada peningkatan.

Namun, Slambas sapaan karib Slamet Basuki, tak menampik bahwa masih ada beberapa kecamatan dan desa yang capaiannya di bawah target pada minggu kedua.

“Kegiatan Gertak Tunduk sesi dua ini ada peningkatan proses dan hasilnya. Pergerakan pengumuman secara masif baik offline maupun online,” paparnya.