Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tim KKN XII UPN “Veteran” Jawa Timur Gelar Sosialisasi Keamanan Data di Tanjungkalang Nganjuk, Ini Tujuannya

Salah satu mahasiswa dari Tim KKN XII UPN “Veteran” Jawa Timur saat memberikan materi dalam kegiatan sosialisasi ‘Pentingnya Keamanan Data dan Informasi pada Era Digital’ di Balai Desa Tanjungkalang belum lama ini

Nganjuknews.com – Tim KKN XII UPN “Veteran” Jawa Timur dari Program Studi S1 Sains Data mengadakan sosialisasi ‘Pentingnya Keamanan Data dan Informasi pada Era Digital’ di Balai Desa Tanjungkalang, Kecamatan Ngronggot, Kabupaten Nganjuk.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari dari Kamis (7/12/2023) hingga Sabtu (9/12/2023) tersebut merupakan bagian dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Pada hari pertama sosialisasi, Tim KKN XII UPN “Veteran” Jawa Timur tersebut memaparkan materi berkaitan dengan ‘Keamanan Data dan Informasi Pada Era Digital’.

Dengan diberikannya materi tersebut diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat Desa Tanjungkalang mengenai pentingnya melindungi data pribadi dan informasi digital.

Para mahasiswa KKN dari UPN “Veteran” Jawa Timur itu juga menyinggung mengenai dua sisi mata uang dari era digital yang saat ini tengah berjalan.

Di lain sisi era digital membawa manfaat besar, tetapi di sisi lain juga menimbulkan risiko keamanan data yang perlu diwaspadai oleh semua orang. Oleh karenanya, penting sekiranya untuk melindungi data pribadi dan informasi digital.

Dalam kegiatan sosialisai ini, para mahasiswa KKN dari UPN “Veteran” Jawa Timur memaparkan materi terkait keamanan data, termasuk cara melindungi data-data pribadi, kata sandi, mengenali upaya phising, dan pentingnya memperbarui perangkat lunak secara teratur.

Mereka juga memberikan tips praktis tentang bagaimana mengamankan informasi pribadi di media sosial, dan menghindari serangan malware.

Kegiatan sosialisasi ini mendapatkan respon positif dari masyarakat Desa Tanjungkalang. Terlebih kegiatan sosialisasi ini sangat relevan dengan perkembangan teknologi saat ini.

Penulis: KKN Non-Tematik MBKM Kelompok XII

*Artikel ini merupakan naskah yang dikirim Tim KKN XII UPN “Veteran” Jawa Timur dari Program Studi S1 Sains Data. Redaksi Nganjuknews.com tidak bertanggung jawab atas isi konten artikel ini.