Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ny Eka Haryati Taruna Hadiri Pelaksanaan Sub PIN Polio di Pace

Pj Ketua TP PKK Kabupaten Nganjuk, Ny Eka Haryati Taruna, saat memberikan tetes vaksin polio pada salah satu balita di Balai Desa Batembat, Kecamatan Pace, Senin 15 Januari 2024

Nganjuknews.com – Pj Ketua TP PKK Kabupaten Nganjuk, Ny Eka Haryati Taruna, menghadiri pelaksanaan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di Balai Desa Batembat, Kecamatan Pace, Senin 15 Januari 2024.

Sub PIN Polio ini merupakan program pemerintah, dalam menyikapi Kejadian Luar Biasa (KLB) Polio di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Pelaksanaan Sub PIN Polio inipun dilakukan serentak dalam dua putaran.

Putaran pertama dilaksanakan pada 15-21 Januari 2024, putaran kedua dilaksanakan pada 19-25 Februari 2024. Vaksin tetes ini diberikan secara gratis pada anak usia 0-7 tahun.

Dalam sambutannya, Ny Eka mengatakan bahwa Sub PIN Polio tahun 2024 ini adalah upaya pemerintah dalam melindungi anak-anak dari penularan penyakit polio yang kembali muncul di Indonesia. 

“Penyakit polio sangat berbahaya, bahkan dapat menimbulkan kecacatan yaitu lumpuh layu serta menimbulkan kematian yang menyerang anak-anak di bawah usia 15 tahun,” ujar Ny Eka.

“Kegiatan ini dilakukan secara serentak untuk memutus rantai penularan virus polio kepada anak usia 0 hari sampai 8 tahun kurang satu hari, digelar selama dua putaran di Posyandu, TK, dan SD/MI di seluruh Kabupaten Nganjuk. Jadi pastikan anak-anak di sekitar kita mendapatkan vaksin polio ini,” sambungnya.

Camat Pace, Noordian Putro Utomo melanjutkan, berdasarkan data yang dimilikinya total ada 7.509 anak usia 0-7 tahun di Kecamatan Pace.

“Di Kecamatan Pace ada 18 desa, dari 18 desa tersebut pelaksanaan Sub PIN Polio akan digelar di 93 Posyandu, 50 TK/RA, dan 44 SD/MI,” jelasnya.

Pengamatan Nganjuknews.com, hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan, Forkopimcam, Kepala Puskesmas, Kepala Desa, serta peserta yang akan mendapatkan vaksin.

Dalam kesempatan itu, Ny Eka turut memberikan tetes vaksin pada anak-anak.